MADIUN – PT Kereta Api Indonesia/KAI (Persero) Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan KAI atas gangguan perjalan kereta api (KA) yang disebabkan tanah longsor di lintas selatan yakni Karanggandul-Karangsari atau masuk Daop 5 Purwokerto, Jawa Tengah.
Kronologinya pada Senin 04 Desember 2023 sekitar pukul 00.58 WIB dini hari, jalur hilir terdampak tebing longsor yang disebabkan curah hujan tinggi. Setelah mendapat laporan adanya peristiwa itu, tim gabungan KAI (Persero) Daop 5 Purwokerto langsung menuju titik lokasi untuk melakukan penanganan.
“Hasil pantauan petugas, jalur hulu masih bisa dilalui. Hanya saja, perjalanan KA harus dialihkan menjadi satu jalur yaitu melalui hulu agar KA tetap berjalan,” kata Plh. Manager Humas Daop 7 Madiun, Imanuel Setya Budi Harwanto, Senin 04 Desember 2023.
Namun sekitar pukul 04.27 WIB, lanjut dia, petugas lapangan KAI melaporkan telah terjadi longsoran susulan. Sehingga dua jalur hilir dan hulu itu, turut terdampak longsoran material. Akibatnya dua jalur tersebut, untuk sementara waktu belum dapat dilalui. Tapi demi keselamatan dan penanganan jalur hilir dan hulu, perjalanan KA dialihkan atau memutar menuju utara.
Tentunya peristiwa itu menyebabkan dua kereta yakni KA 116 Ranggajati Cirebon-Jember dan KA 18 Argo Semeru relasi Gambir-Surabaya Gubeng yang melintas wilayah Daop 7 Madiun harus dialihkan atau memutar perjalanannya menuju utara yakni Cirebon-Semarang-Solo-Madiun.
“Akibat peristiwa ini, kami atas nama manajemen PT KAI (Persero) memohon maaf kepada pelanggan karena terganggunya perjalanan serta pelayanan KA. Sampai saat ini, KAI terus berupaya pemulihan perjalanan KA dilokasi terdampak. Penanganan juga terus dilakukan, baik sisi pengaturan operasional maupun prasarana jalur KA,” jelasnya.
KAI, lanjut Setya (akrab disapa), berkomitmen untuk senantiasa mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan perjalanan KA. Harapannya, semoga cuaca segera membaik. Material longsor segera teratasi, agar jalur KA lintas selatan yang terdampak kembali normal.
“Sehingga perjalanan KA, dapat beroperasi dengan lancar. Diinformasikan untuk sampai saat ini, wilayah Daop 7 Madiun secara umum dalam kondisi aman, lancar, dan terkendali,” tuturnya.
Ia menambahkan terkait kondisi terbaru perjalanan KA, diinformasikan untuk pelanggan KAI dapat menghubungi Customer Service di Stasiun, Contact Center KAI melalui telepon di 021-121, WhatsApp KAI121 di 08111- 2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.data/photo:humas daop7 madiun.*(editor:al/pressphoto.id)