logo

Peringatan HAN 2024, Dinas PPKB PPPA Kabupaten Madiun Gelar Berbagai Kegiatan

Rabu, 7 Agustus 2024

MADIUN –  Baru-baru ini, Pemerintah Kabupaten Madiun melaui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKB PPPA) Kabupaten Madiun melaksanakan kegiatan peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tertanggal 23 Juli 2024 lalu.

Disela itu dalam rangka peringatan HAN ke-40 Tahun 2024 yang mengusung tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” ini, Dinas PPKB PPPA Kabupaten Madiun menyelenggarakan kegiatan “Peningkatan Peran Forum Anak Sebagai Pelopor dan Pelapor atau 2P” di Pendopo Ronggo Djoemeno Caruban.

Kegiatan tersebut, telah melibatkan 65 peserta dari Forum Anak (FA) kabupaten dan FA kecamatan yang ada di wilayak Kabupaten Madiun. Sehingga peran FA kedepannya sebagai pelopor dan pelapor dapat dimaksimalkan.

Selain itu, Dinas PPKB PPPA Kabupaten Madiun melaksanakan kegiatan Pelatihan Life Skill  (kecakapan hidup) dan Outbound Learning (pelatihan yang sebagian besar waktu aktifitas dilakukan di luar ruangan atau di alam bebas) bagi FA kabupaten dan FA kecamatan, sehingga anak-anak tidak hanya menerima secara materi saja.

Namun anak-anak juga dilatih bagaimana agar bisa mempraktikkan kecakapan hidup dalam kehidupannya sehari-hari, dan dalam perannya sebagai pelopr dan pelapor. Bahkan dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan dapat memotivasi anak-anak dalam melatih kepemimpinan dan melatih diri dalam memecahkan suatu permasalahan yang dihadapinya.

Rangkaian kegiatan peringatan HAN ke-40 Tahun 2024 ini, dibuka oleh Kepala Dinas PPKB PPPA Kabupaten Madiun’ Suryanto, SE., M.Si dan ada penampilan seni tari remo serta pencak silat dari adik-adik FA itu sendiri.

Selain kegiatan pelatihan, Dinas PPKB PPPA Kabupaten Madiun juga menyelenggarakan lomba inovasi membuat video edukasi terkait “Pemenuhan Hak Anak dan Perlindungan Khusus Anak” yang hanya diperuntukkan bagi anak-anak jenjang SMA dan sederajat yang ada di Kabupaten Madiun.

Sedangkan untuk persyaratan lomba pembuatan video edukasi ini, sebelumnya telah diinformasikan melalui surat yang ditujukan kepada Cabang Dinas Pendidikan di Kabupaten Madiun, Kementerian Agama (kemenag) Kabupaten Madiun, maupun diumumkan melalui IG (instagram) Dinas PPKB PPPA Kabupaten Madiun yaitu : dinasppkbpppa_kab.madiun.

Alhamdulillah responnya bagus, sejumlah 35 siswa-siswi SMA dan sederajat antusiasme menjadi peserta dalam lomba inovasi pembuatan video edukasi. Jadi diharapkan kedepannya bisa menjadi media edukasi bagi anak-anak yang ada di Kabupaten Madiun.

Kepala Dinas PPKB PPPA, Suryanto juga menyampaikan pemenang lomba video edukasi diumumkan pada upacara Peringatan Hari Jadi ke-456 Kabupaten Madiun, penjabat (Pj) bupati Madiun, H. Tontro Pahlawanto berkenan menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba inovasi pembuatan video tersebut.

Bersamaan dengan peringatan HAN Tahun 2024 ini, Pemerintah Kabupaten Madiun melalui Dinas PPKB PPPA juga menyelenggarakan evaluasi Kecamatan Layak Anak (KELANA) pada 15 (lima belas) kecamatan di Kabupaten Madiun dan kegiatan Pelatihan Fasilitator Daerah (Fasda) Satuan Pendiikan Ramah Anak.

Adanya Pelatihan Fasda SRA ini, sebelumnya diawali dengan kegiatan Bimbingan Teknis Konvensi Hak Anak (KHA), Sekolah Ramah Anak (SRA) dan Disipli Positif (Dispo) menuju Standardisasi SRA. Tentunya dua kegiatan ini saling berhubungan dengan harapan ketika tenaga pendidik paham mengenai KHA, SRA dan Dispo, hak-hak anak terutama di lingkungan sekolah dapat terpenuhi dengan baik.

Karena sepertiga waktu anak berada di sekolah. Dan dengan adanya pelatihan Fasda SRA, tenaga pendidik yang terlatih mampu mengimbaskan ilmunya kepada tenaga pendidik yang lain sehingga apa yang menjadi tujuan SRA bisa tercapai di semua satuan pendidikan yang ada di Kabupaten Madiun.

Dengan adanya rangkaian kegiatan HAN Tahun 2024 ini diharapkan mampu mendukung terwujudnya Kabupaten Madiun Layak Anak”. Keterangan gambar: Terlihat puluhan peserta saat mengikuti pelatihan Bimtek yang dilaksanakan Dinas PPKB PPPA Kabupaten Madiun.*(sumber data/foto:dinas ppkb pppa kabupaten madiun)

error: