logo

Inilah Simmetal, Hewan Qurban Pesanan Pj. Walikota Madiun

Selasa, 4 Juni 2024

MADIUN – Terlihat puluhan sapi jantan dewasa yang disiapkan untuk masyarakat berqurban saat Hari Raya Idul Adha 1445 H, kini sudah ada di ‘Kandang Waris Waluyo’ Farm (KWWF) Desa Bajulan, Kec. Saradan, Kab. Madiun.

Idul Adha tahun 2024 ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun telah membeli seekor sapi jantan dewasa jenis simmetal (metal) dengan bobot sekitar 900 kilogram. Seusai transaksi pembelian, utusan Pemkot Madiun meminta agar sapi metal ini dikrim nanti pada tanggal 16 Juni atau saat malam takbiran.

“Sapi jenis ini, saya kasih harga Rp57.000 per kilogram. Rencananya sapi simmetal ini untuk berqurban pak Pj. (penjabat) Walikota Madiun, Eddy Supriyanto,” kata Kiswanto, yang merupakan pemilik peternakan KWWF Bajulan, Selasa 04 Juni 2024.

Menurutnya kalau terkait pengiriman hewan qurban ketempat tujuan ‘apakah di rumah dinas Pj. Walikota Madiun, atau langsung ke panitia qurban Idul Adha 1445 H baik di masjid/mushola mana?

Ia mengaku hingga ini belum diberi kabar oleh pemesannya, terkait pengiriman hewan qurban milik Pj. Walikota Madiun. “Ya memang seperti biasanya untuk pengiriman hewan qurban, kalau sudah mendekati H-nya Idul Adha,” tuturnya.

Sapi metal dan jenis lain yang ada di KWWF miliknya ini, lanjut dia, memang harganya bervariasi dari mulai Rp55.000-Rp57.000 per kilogram. Namun hewan qurban jenis metal yang dipesan utusan Pj. Bupati Madiun ini, bobotnya 650 kilogram dengan harga Rp35 juta per ekor.

“Sapi-sapi jantan dewasa yang ada di KWWF ini, semua sudah siapa untuk qurban Idul Adha 1445 H. Sapi yang ada ini, bobot mulai dari 300 sampai 900 kilogram per ekornya,” jelasnya.

Menurutnya berkat inspeksi dokter hewan yang diterjunkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun melalui Petugas Pemeriksaan Hewan Qurban (P2HQ) Bidang Peternakan (BP) Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Madiun, sapi-sapi baik yang masih muda dan dewasa dinyatakan sehat semua.

“Alhamdulillah sapi yang ada di KWWF ini, sehat-sehat semua. Ini dibuktikan dari hasil pemeriksaan oleh dokter hewan melalui tim P2HQ BP DKPP Kab. Madiun. Bahkan PMK (penyakit mulut dan kuku) maupun LSD atau lumpy skin disease (penyakit kulit berbenjol/menggumpal) juga tidak ada,” ungkapnya.*(al/pressphoto.id)

Keterangan Foto : Terlihat sapi jantan dewasa jenis simmetal berada di KWWF Bajulan. Sapi tersebut, sudah dipesan/beli oleh Pj. Walikota Madiun Eddy Supriyanto untuk berqurban saat Idul Adha 1445 H.

error: