logo

Perkembangan Tren Podcast di Indonesia yang Terus Meningkat

Selasa, 30 Januari 2024

INDONESIA – Perkembangan teknologi yang dinamis mengharuskan para pelaku ekonomi kreatif untuk terus beradaptasi dan berinovasi. Begitupun bagi pelaku industri kreatif yang berprofesi di balik layar, tak terkecuali bagi Sobat Parekraf yang aktif menciptakan konten video menghibur di berbagai platform media sosial.

Tak berbeda jauh dengan lainnya, tren video di Indonesia pun bersifat sangat dinamis dan selalu berubah seiring berjalannya waktu. Seperti dijelaskan dalam Outlook Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2023/2024, alih-alih konten video berdurasi panjang, tren video saat ini cenderung pada video-video pendek (short-form content). Dengan kata lain, konten video yang banyak ditemukan di platform TikTok, Instagram Reels, dan YouTube Short cenderung lebih cepat viral dan populer.

Di sisi lain, podcast audio maupun podcast audiovisual semakin diminati berbagai kalangan. Meningkatkan popularitas podcast tentunya disebabkan oleh kebiasaan masyarakat Indonesia yang cenderung menyukai konten audiovisual yang makin mudah dijangkau di berbagai platform.

Perkembangan Popularitas Podcast di Indonesia

Membahas lebih jauh tentang podcast, ternyata perkembangan podcast audio maupun audiovisual di Indonesia tergolong cukup signifikan. Hal ini bisa dilihat dari persentase pendengar podcast di Indonesia terbesar kedua di dunia per kuartal III 2021, menurut data GlobalWebIndex (GWI).

Bahkan, Spotify sebagai salah satu platform penyedia konten podcast menyebutkan, sejak rilis di 2019, konsumsi podcast di Indonesia mengalami peningkatan hingga lima kali lipat dalam tiga tahun terakhir. Per 1 November 2022, Indonesia berhasil menempati 10 besar negara dengan pendengar podcast terbanyak secara global.

Hanya saja, popularitas podcast tidak hanya di segi konten audio saja. Saat ini, podcast mengalami transformasi yang menarik, yakni konsep podcast audiovisual yang banyak ditemukan di platform YouTube maupun TikTok.

Perkembangan podcast dalam format audiovisual mengalami peningkatan yang signifikan. Terutama dari segi penggunanya. Mengutip dari laman theguardian.com, saat ini YouTube menjadi platform utama yang banyak diminati untuk mendengarkan podcast.

Hal ini tentu tidak bisa dipisahkan dari kualitas konten, dan topik-topik populer yang dibahas layaknya acara bincang-bincang di televisi. Belum lagi, adanya tambahan elemen visual yang membuat segmen podcast audiovisual semakin menarik ditonton.

Melihat perkembangan podcast tersebut sebenarnya bukan hal yang mengejutkan. Mengingat, saat ini podcast menjadi salah satu media penyebaran informasi yang diminati banyak kalangan. Terutama kalangan generasi milenial maupun kalangan Gen Z. Popularitas podcast inilah yang akhirnya turut melahirkan banyak insan kreatif di Indonesia. Jika terus dikembangkan dan diasah, bukan mustahil jika seorang podcaster, selaku pelaku industri kreatif, dapat berkontribusi memaksimalkan peluang dalam mendorong kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja seluas-luasnya di masa mendatang.Foto: Podcast makin diminati banyak generasi milenial dan gen Z (Shutterstock/Indypendenz).*(data/photo:kemenparekraf.go.id)

error: