logo

Tempat Makan Hidden Gem, Sajikan Kuliner Tradisional Indonesia

Selasa, 14 Mei 2024

INDONESIA – Bukan hal yang aneh kalau wisata kuliner masih menjadi primadona dan daya tarik wisata. Hampir sebagian besar wisatawan yang liburan ke suatu daerah pasti menyempatkan waktu wisata kuliner berburu makanan khas nan legendaris. Bahkan, banyak wisatawan rela blusukan mencari tempat-tempat makan hidden gem yang menyediakan kuliner tradisional yang khas.

Meski lokasinya terpencil dan sulit dijangkau, kelezatan hidangan di setiap makanan tradisional di berbagai daerah ini tidak bisa dianggap remeh. Ibarat menemukan sebuah “harta karun”, Sobat Parekraf akan dibuat kagum dengan cita rasa yang autentik dari setiap kedai.

Uniknya, lokasi tempat makan hidden gem tidak melulu berada di dalam gang sempit saja. Sobat Parekraf bisa menemukan berbagai tempat makan hidden gem yang menyediakan makanan tradisional di dalam pasar, tengah sawah, hingga dekat pemakaman! Yuk, intip tempat makan tradisional hidden gem di Indonesia yang wajib dikunjungi saat liburan:

Pawon Mbah Gito

Kuliner tradisional hidden gem pertama berada di Yogyakarta, yaitu Pawon Mbah Gito. Tepatnya berlokasi di Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Pawon Mbah Gito menawarkan pengalaman makan makanan tradisional di tengah sawah yang sangat asri.

Pawon Mbah Gito menghadirkan suasana jadul ala pedesaan dengan konsep bangunan berbentuk rumah tradisional. Karena mengusung konsep prasmanan, kita bisa mengambil berbagai makanan tradisional sesuai selera. Minumannya juga komplet, mulai dari wedangan tradisional, serta berbagai olahan kopi maupun teh.

Mangut Lele Mbah Marto 

Kalau bosan makan gudeg di Yogyakarta, Sobat Parekraf harus mencicipi hidangan Mangut Lele Mbah Marto yang berlokasi di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bisa dibilang, tempat makan ini hidden gem, karena kita harus mblusuk masuk ke tengah pemukiman warga. Walau sulit dijangkau, Mangut Lele Mbah Marto hampir tidak pernah sepi pengunjung.

Layaknya di rumah nenek, saat tiba Sobat Parekraf akan langsung diarahkan masuk ke dalam pawon (dapur), dan mengambil makanan sesuai keinginan. Setelah itu, kita bisa langsung menyantap hidangan mangut lele dengan cita rasa yang autentik.

Perpaduan aroma asap dari proses pengasapan lele meresap ke daging yang lembut dan gurih seakan langsung menyelimuti lidah. Belum lagi, kuah mangut berwarna oranye seakan membuat lidah tersetrum berkat rasa gurih pedas yang bikin ketagihan.

Ayam Betutu Pak Sanur 

Berlokasi di Ubud, Bali, Ayam Betutu Pak Sanur turut menjadi tempat makan hidden gem yang wajib dikunjungi. Tempat makan legendaris yang berada di dalam Gang Arjuna ini sudah terkenal dengan olahan ayam betutu kaya rempah dan menggugah selera.

Selain lezat, ayam betutu legendaris ini juga terkenal dengan daging ayam yang sangat empuk. Saking empuknya, setiap irisan daging bisa lepas dari tulang dengan mudah. Meski lokasinya ngumpet, Ayam Betutu Pak Sanur tidak pernah sepi pengunjung. Bahkan, olahan ayam betutu khas Pak Sanur kerap ludes dalam waktu singkat! Makanya, kita harus datang lebih awal agar tidak kehabisan, Sob!

Warung Tuman

Selanjutnya adalah Warung Tuman, yaitu tempat makan yang memberikan pengalaman sarapan dan makan siang yang unik. Pasalnya, tempat makan hidden gem yang berlokasi di Tangerang Selatan ini mengangkat konsep berbaur dengan alam.

Warung Tuman mengajak seluruh pengunjung blusukan ke perkampungan, melewati jalan setapak dan pepohonan bambu, hingga melintasi tempat pemakaman umum terlebih dahulu. Hidden gem banget, kan, lokasinya? Meski terasa merepotkan, namun kita akan langsung dibuat kagum setibanya di Warung Tuman. Sobat Parekraf akan merasakan suasana asri khas pedesaan yang menenangkan. Dijamin bikin perut kenyang dan betah berlama-lama di sini, deh!

Es Dawet Telasih Bu Dermi 

Tak melulu makanan tradisional, Solo memiliki minuman tradisional yang menarik dicicipi dan lokasinya hidden gems. Bukan di tengah sawah maupun di dalam gang, kuliner legendaris yang sudah ada sejak 1930-an ini berada di tengah Pasar Gede Solo.

Yap, Es Dawet Telasih Bu Dermi merupakan salah satu hidden gem di Kota Solo yang selalu dipenuhi pengunjung dengan rasa penasaran tinggi untuk mencicipi kesegaran es dawet di tengah pasar ini. Seporsi es dawet berisikan cendol, bubur sumsum, ketan hitam, tape, dan biji selasih yang disiram dengan kuah santan.

Saat diaduk, kita akan merasakan rasa gurih, manis, dan segar dalam setiap suapan. Jadi, sudah pernah mampir ke tempat kuliner hidden gem yang mana saja, nih, Sob? Cover: Proses memasak mangut lele di kedai Mangut Lele Mbah Marto (Shutterstock/Hariyanto Surbakti).*(sumber:kemenparekraf.go.id)

error: