logo

Selama Libur Sekolah, Stasiun di Daop 7 Madiun ‘Banjir Penumpang KA

Kamis, 11 Juli 2024

MADIUN – Selama libur sekolah, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun telah mengoperasionalkan sedikitnya 4 kereta api (KA) untuk melayani penumpang dari stasiun yang ada di wilayah Daop 7 Madiun.

Empat KA itu yakni KA Brantas rute Blitar-Pasarsenen PP, KA Singasari rute Blitar-Pasarsenen PP, KA Kahuripan rute Blitar-Kiaracondong PP, dan KA Bangunkarta rute Jombang-Pasarsenen PP. Namun 3 dari 4 KA berangkat dari Stasiun Blitar, sedang 1 KA dari Stasiun Jombang.

“Kami mencatat data hasil pantauan terbaru yaitu hari ini pada pukul 09.00 WIB, jumlah tiket KA Keberangkatan Daop 7 Madiun telah terjual 64.325 tiket atau 139% dari kapasitas tempat duduk yang disediakan,” kata Manager Humas PT KAI Daop 7 Madiun, Kuswardojo, Kamis 11 Juli 2024 sore.

Persentase 139% itu, lanjut dia, adalah berdasarkan tiket yang terjual dari stasiun keberangkatan Daop 7 Madiun sejak tanggal 29 Juni hingga 14 Juli 2024 yakni Stasiun Madiun 37.616 pelanggan, Kediri 18.053 pelanggan, Jombang 12.876 pelanggan, Blitar 11.740 pelanggan, dan Tulungagung 10.200 pelanggan.

Mengingat selama periode liburan sekolah, KAI telah menyediakan sebanyak 46.444 tempat duduk (TD) untuk KA Keberangkatan dari Daop 7 Madiun. Namun hingga saat ini, KAI mencatat sebanyak 243.192 pelanggan yang telah memiliki tiket KA.

“Jumlah itu, tentunya selama periode libur sekolah dari tanggal 29 Juni hingga 14 Juli 2024 nanti. Total 243.192 pelanggan ini dibagi menjadi dua sesi yaitu sebanyak 118.595 tiket keberangkatan, dan sebanyak 124.597 tiket kedatangan di Daop 7 Madiun,” jelanya.

Menurut dia, KAI Daop 7 Madiun menyadari periode liburan sekolah ini merupakan salah satu puncak arus penumpang yang setia menggunakan moda trasportasi KA. Oleh karena itulah, berbagai langkah antisipatif telah dilakukan KAI’ dengan tujuan untuk memastikan pelayanan yang optimal yakni salah satunya menambah jumlah petugas di lapangan.

Tentunya dengan harapan dapat membantu penumpang, dan memastikan kelancaran operasional di stasiun-stasiun yang ada di Daop 7 Madiun. KAI Daop 7 Madiun berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan, dan memastikan kenyamanan serta keselamatan penumpang KA.

Sedangkan upaya peningkatan ini yakni meliputi peningkatan fasilitas di stasiun serta optimalisasi pelayanan selama periode liburan sekolah. Stasiun-stasiun yang ada di Daop 7 Madiun juga dilengkapi berbagai fasilitas penunjang seperti ruang tunggu yang nyaman, air minum gratis, toilet bersih, dan area parkir yang memadai.

“Pelayanan informasi diperkuat dengan penambahan papan informasi digital, dan petugas informasi yang siap membantu penumpang KA. KAI Daop 7 Madiun juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh penumpang KA yang telah mempercayakan kepada KAI,” ujarnya.

Kuswardojo menambahkan, tentunya KAI Daop 7 Madiun sangat bersyukur dan berterima kasih atas tingginya animo masyarakat yang menggunakan layanan KA selama libur sekolah. Hal itu menunjukkan kepercayaan masyarakat terhadap KAI, khususnya di wilayah Daop 7 Madiun.

“Kami akan terus berupaya meningkatkan kualitas layanan dengan harapan agar penumpang juga merasa aman, dan nyaman dalam setiap perjalanannya hingga ke kota tujuan,” urainya.Foto:Terlihat sejumlah penumpang KA berada di Stasiun Madiun.data/foto:humas daop7.*(editor:al/pressphoto.id)

error: