MADIUN – Pihak PT. Kereta Api Indonesia/KAI (Persero) Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun mencatat adanya peningkatan jumlah penumpang atau pelanggan kereta api (KA) bersamaan menjelang libur Pilkada 2024.
Manager Humas KAI Daop 7 Madiun, Kuswardojo saat dihubungi membenarkan terjadi lonjakan penumpang KA yakni bersamaan dengan libur Pilkada yang digelar seretak di Indonesia. Hal itu, menunjukkan kepercayaan masyarakat terus meningkat terhadap layanan KA.
Bahkan selama periode mulai tanggal 22-28 November 2024, KAI Daop 7 Madiun telah melayani sebanyak 67.979 pelanggan. Namun dari total tersebut, sebanyak 31.037 pelanggan naik KA, sementara 36.979 pelanggan turun di berbagai stasiun yang ada di Daop 7 Madiun.
Ternyata momentum libur Pilkada serentak ini, telah dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melakukan perjalanan baik untuk keperluan pribadi maupun bersama keluarga. Untuk itu, KAI Daop 7 Madiun memastikan kesiapan operasional yakni termasuk fasilitas stasiun, ketersediaan tiket, dan kelancaran perjalanan KA.
“Kami berkomitmen menjaga keamanan, dan kenyamanan perjalanan pelanggan dengan memastikan semua layanan beroperasi secara optimal,” jelasnya, Rabu 27 November 2024.
Menurutnya pada momentum Pilkada serentak, KAI sebelumnya telah menghadirkan program diskon sebesar 10% bagi masyarakat atau pelanggan KA. Program ini, berlaku untuk pembelian tiket mulai tanggal 15-25 November 2024 dengan periode keberangkatan tanggal 26-28 November 2024.
Program diskon ini, merupakan salah satu bentuk apresiasi KAI kepada pelanggan (mereka) yang telah memilih KA sebagai moda transportasi utama. Dihimbau kepada pelanggan KA untuk merencanakan perjalanan lebih awal dan memanfaatkan program diskon tersebut, agar perjalanan lebih hemat.
Selain itu, KAI juga mengingatkan kepada setiap pelanggan KA untuk mematuhi aturan perjalanan, menjaga kebersihan, dan memastikan kenyamanan bersama di stasiun maupun di dalam kereta. Namun terkait tiket dengan diskon 10% itu, dapat dipesan melalui aplikasi resmi Acces by KAI.
“Untuk informasi lebih lanjut terkait jadwal perjalanan dan layanan KAI, dapat diperoleh melalui layanan pelanggan di stasiun terdekat atau media komunikasi resmi PT KAI,” tandas Kuswardojo.sumber humas daop 7 madiun.*(editor:al/pressphoto.id)