logo

Libur Perayaan Idul Adha, KAI Daop 7 Madiun Operasionalkan 4 KA

Kamis, 13 Juni 2024

MADIUN – Dalam rangka menyambut perayaan Idul Adha 1445 H, PT Kereta Api Indonesia/KAI (Persero) Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun siap melayani kebutuhan masyarakat yang hendak menggunakan moda transportasi kereta api atau KA.

Untuk itu, KAI Daop 7 Madiun telah menyiapkan sebanyak 11.510 tempat duduk (TD) yang tersedia di empat KA reguler pada periode libur yang berlangsung dari tanggal 14-18 Juni 2024 nanti. KA-KA tersebut, berangkat dari beberapa stasiun yang ada di Daop 7 Madiun.

Bahkan setiap harinya, KAI Daop 7 Madiun menyediakan kapasitas TD sebagai berikut : KA Bangunkarta rute Jombang-Pasarsenen PP 680 TD, KA Singasari rute Blitar-Pasarsenen PP 680 TD, KA Brantas rute Blitar-Pasarsenen PP 680 TD, KA Kahuripan rute Blitar-Kiaracondong PP 742 TD.

Sehingga total kapasitas harian KA yang berangkat dari Daop 7 Madiun mencapai 2.302 TD. Hal itu, tentunya sebagai wujud bahwa KAI Daop 7 Madiun berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan selama libur Idul Adha 2024.

“Kami memastikan bahwa semua penumpang KA dapat menikmati perjalanan yang aman, nyaman, dan tepat waktu,” ujar Manager Humas PT KAI Daop 7 Madiun, Kuswardojo, Kamis 13 Juni 2024.

Menurut dia berdasarkan data penjualan hingga hari ini pada pukul 08.00 WIB khususnya untuk 4 KA keberangkatan dari Daop 7 Madiun yakni total tiket yang terjual sebanyak 12.126 tiket atau 105 % dari kapasitas yang telah disediakan 11.510 TD.

Namun dapat disampaikan terkait jumlah penumpang (pelanggan KAI) naik dari beberapa stasiun keberangkatan Daop 7 Madiun pada tanggal 14-18 Juni 2024 yakni Stasiun Madiun 4.095 pelanggan, Kediri 2.630 pelanggan, Jombang 1.374 pelanggan, Kertosono 1.586 pelanggan, Blitar 1.667 pelanggan, dan Tulungagung 1.576 pelanggan.

Untuk itu, KAI Daop 7 Madiun berharap perjalanan masyarakat selama libur panjang Idul Adha dengan menggunakan moda transportasi KA ini, tentunya menjadi pengalaman yang menyenangkan. Ia juga berkenan menyampaikan ucapan selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H kepada seluruh masyarakat.

“Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para penumpang KA selama libur panjang Idul Adha. Berbagai persiapan yang telah dilakukan, tentunya kami yakin dapat memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat dengan aman dan nyaman,” katanya.

Ia juga menginformasikan kepada seluruh masyarakat yang berencana bepergian menggunakan moda transportasi KA? Disarankan untuk segera memesan tiket agar dapat memilih KA, dan tanggal keberangkatan sesuai keinginan.

Namun bagi penumpang yang tidak mendapatkan tiket pada jadwal yang diinginkan, maka bisa memanfaatkan fitur connecting train di aplikasi Access by KAI, yang memungkinkan penumpang mengkombinasikan jadwal KA yang bersifat penyambungan.

Bahkan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan yakni mulai 1 Juni 2024, KAI telah mengumumkan kebijakan baru terkait waktu pengembalian dana, pembatalan tiket KA Antar Kota.

“Jadi berdasarkan kebijakan ini, maka pengembalian dana akan dilakukan paling lambat dalam waktu 7 hari setelah tanggal pembatalan. Sebelumnya, batas waktu pengembalian bea tiket yang dibatalkan yaitu maksimal 45 hari,” jelasnya.

Kuswardojo menambahkan selama masa libur Idul Adha 2024 ini, KAI juga memastikan terkait pelayanan di stasiun-stasiun yang ada di Daop 7 Madiun? Apakah dalam kondisi yang baik, atau tidak?

Tentunya KAI telah menyiagakan sejumlah petugas yang mempunyai tanggung jawab yaitu menjaga keamanan hingga kebersihan. Mereka dapat memastikan fasilitas umum seperti ruang tunggu, dan toilet dalam kondisi prima. Sehingga dapat memberikan kenyamanan ekstra bagi penumpang atau pelanggan KAI, itu sendiri.

Selain itu, KAI Daop 7 Madiun juga menyediakan fasilitas air minum gratis di empat stasiun besar yakni Stasiun Madiun, Kertosono, Kediri, dan Blitar. Tentunya fasilitas ini, tersedia secara permanen untuk kenyamanan para penumpang KA.

“Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut, khususnya mengenai perjalanan KA? Masyarakat dapat menghubungi layanan Customer Service di stasiun atau Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp di 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121,” ungkapnya.data/foto humas daop7.*(editor:al/pressphoto.id)

error: