logo

Kemenag RI Support Kegiatan Berorientasi

Minggu, 18 Desember 2022

MADIUN – Kepala Pusat Kerukunan Umat Beragama (KUB) Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia’ Dr. H. Wawan Djunaedi, M.A mengungkapkan target dari kegiatan Jambore Bela Negera (JBN) seperti yang dilakukan oleh teman-teman Forum Mitra Kesatuan Bangsa (FMKB) Kab. Madiun adalah bisa ditiru didaerah lain.

“JBN seperti ini, kita berharap bisa diikuti teman-teman diseluruh Indonesia. Karena ini, adalah sebuah momentum yang luar biasa untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan kebangsaan. Ya mudah-mudahan terus bisa dikembangkan oleh generasi muda saat ini,” katanya seusai menghadiri Apel JBN tahun 2022 yang diselenggarakan dikawasan Monumen Kresek, Kec. Wungu, Kab. Madiun, Sabtu 17 Desember 2022.

Menurutnya meski dirinya sudah menyampaikan orasi kebangsaan dihadapan 250 orang peserta Apel JBN tahun 2022, namun setelah ini akan banyak narasumber yang mungkin bisa memberikan beberapa materi. Karena jika dari perspektif agama, mungkin bisa moderasi beragama. Bakesbangpoldagri Kab. Madiun, mungkin juga bisa menguatkan tentang wawasan kebangsaan dan lainnya.

Untuk itulah, kita di Kemenag RI sangat mensupport tentang kegiatan-kegiatan yang berorientasi untuk penguatan kebangsaan. Bahkan salah satunya adalah, kita telah menggelontorkan anggaran untuk moderasi beragama. Moderasi beragama itu, merupakan salah satu indikatornya adalah komitmen kebangsaan.

“Jadi pak Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas sangat komitmen untuk semua gerakan di level masyarakat gresrut untuk bisa terus mengembangkan wawasan kebangsaan berbasis agama masing-masing. Karena memang tadi, saya sampaikan nasionalisme itu tidak bisa dipisahkan oleh nilai-nilai semua agama, agama apapun,” jelasnya.

Terkait sasaran Kemenang RI, lanjut Wawan Djunaedi, maka pihaknya punya ekosistem moderasi beragama. Hal itulah semua aspek yakni mulai dari pendidikan, keagamaan, media yang juga menjadi strategis sasaran kita. Selain itu pada sektor bisnis, juga menjadi sasaran kita. Bahkan birokrasi pemerintahan, juga tentunya politik. “Dalam hal ini adalah partai-partai politik, juga diajak bersama-sama untuk bisa menggiatkan mengaruskatakan moderasi beragama,” urainya.

Ia menambahkan bahwa target golnya adalah menginginkan Indonesia tetap menjadi awet sampai dengan generasi anak cucu kita, dan menjadi negara berdaulat yang disegani oleh seluruh bangsa-bangsa. “Yang paling penting, adalah rakyat Indonesia menjadi sejahtera dan makmur. Selain itu, juga mendapat keadilan seluruh rakyat Indonesia. Itulah target yang paling puncaknya,” tegasnya.*lly/pressphoto.id

Keterangan Foto : Kepala Pusat KUB Kemenag RI Dr. H. Wawan Djunaedi, M.A saat menyampaikan orasi kebangsaan disela-sela kegiatan Jambore Bela Negara (JBN) dikawasan Monumen Kresek, Kab. Madiun.*

error: