logo

Peringatan HUT RI, Daop 7 Madiun Hias Lokomotif Hingga Kibarkan Merah Putih

Sabtu, 17 Agustus 2024

MADIUN – Terlihat di jalur lintasan tidak jauh dari Stasiun Madiun nampak sebuah lokomotif kereta api (KA) CC 2039813 yang berada di Depo Lokomotif Madiun di kerumuni oleh sejumlah orang.

Bahkan diantara mereka, ternyata ada yang nekat memasang dua tangga lipat aluminium didepan lokomotif KA yang tengah berhenti itu. Tidak puas berkerumun didepan lokomotif itu? Beberapa orang ini, nekat menaiki bagian sisi kiri kanan lokomotif tersebut.

Mereka selain petugas PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun, juga dari komunitas pencinta KA wilayah Madiun. Mereka secara bersama-sama melekatkan lakban/solatip pada bagian sisi banner yang di pampang didepan lokomotif.

Banner beruliskan “Nusantara Baru, Indonesia Maju”, bagian tengah ‘KAI’ hingga di bawahnya terdapat “17 Agustus 1945-17 Agustus 2024”, dan pada sisi kanan adalah “Dirgahayu Republik Indonesia” menghiasi lokomotif selama satu hingga dua pekan.

Selain sebagai daya tarik serta untuk semangat HUT Ke-79th Kemerdekaan RI, lokomotif ini juga dihiasi dengan untaian merah putih hasil kreasi komunitas pecinta KA Madiun. Sehingga nampak gagah berani, mengingat bendera merah putih itu terus berkibar didepan maupun disisi kiri kanan lokomotif.

Seusai dihias oleh petugas PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun yang berkolaborasi dengan komunitas pecinta KA, lokomotif ini langsung di operasionalkan untuk melayani masyarakat yang menggunakan moda transportasi KA.

Dalam kesempatan itu, Kepala Daerah Operasi PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun’ Suharjono menyampaikan bahwa tujuan KAI bersama komunitas pecinta KA Madiun menghias lokomotif ini yakni untuk memberikan semangat kolaborasi.

Selain itu, juga dalam rangka untuk semangat perjuangan bahwa kita ikut memeriahkan peringatan HUT Ke-79th Kemerdekaan RI. Tahun 2024 ini, KAI Daop 7 Madiun melaksanakan kegiatan serupa didua lokasi di Madiun dan Blitar-Jawa Timur. Namun kegiatan di Blitar, sudah dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus 2024 lalu.

“Kali ini atau bersamaan peringatan HUT Ke-79th Kemerdekaan RI, kami menghias lokomotif CC 2039813 Depo Induk SDT di Madiun, tentunya dengan nuansa merah putih ya..,” ujarnya seusai apel pagi bersama komunitas pecinta KA di Depo Lokomotif Madiun, Sabtu 17 Agustus 2024.

Menurutnya para komunitas pecinta KA Madiun ini menghias selain bagian depan, juga pada sisi kiri kanan lokomotif tersebut. Karena hiasan nuansa merah putih baik didepan maupun samping lokomotif, tentunya untuk semangat perjuangan merah putih.

KAI Daop 7 Madiun bersama komunitas pecinta KA Madiun selain lokomotif CC 2039813 Depo Induk SDT, juga akan menghias nuansa merah putih pada beberapa lokomotif lainnya. Namun saat ini baru dua lokomotif di Madiun dan Blitar, mengingat KA yang berangkat dari Madiun hanya melintas saja.

“Tentunya, kami juga mengucapkan terima kasih kepada teman-teman komunitas pecinta KA yang berkolaborasi dalam kegiatan menghias lokomotif dengan nuansa merah putih untuk memeriahkan peringatan HUT Ke-79th Kemerdekaan RI,” tuturnya.*(al/pressphoto.id)  

error: