logo

Ziarah Kubur, Pj. Bupati Madiun: Perjuangan Kita sebagai Penerus Pemda Belum Terhenti

Selasa, 9 Juli 2024

MADIUN – Tradisi rutin setiap tahun dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun. Terutama pada saat menjelang peringatan Hari Jadi Kabupaten Madiun yang jatuh pada tanggal 18 Juli 2024 nanti.

Kini berketepatan menjelang Hari Jadi Ke-456th Kabupaten Madiun, penjabat (Pj) Bupati Madiun Tontro Pahlawanto bersama anggota Forkopimda (forum koordinasi pimpinan daerah), pimpinan OPD (organisasi perangkat daerah) melaksanakan ziarah kubur ke makam leluhur atau pendiri Kab. Madiun.

Rombongan Pj. Bupati Madiun mengawali ziarah kubur di makam Bupati Madiun pertama yakni Pengeran Timur Ronggo Djuemeno yang berada Kelurahan Kuncen, Kecamatan Taman. Makam tersebut, berada dibelakang Masjid Nurhidayatulloh, Kota Madiun.

Seusai itu, Pj. Bupati Madiun, H. Tontro Pahlawanto menyampaikan kegiatan ini merupakan agenda rutin setiap tahun menjelang peringatan Hari Jadi Kabupaten Madiun. Ziarah yang dilakukan bersama-sama ini, tentunya untuk menandai Hari Jadi Ke-456th Kabupaten Madiun.

“Saya bersama Forkopimda dan pimpinan OPD Kab. Madiun bersama-sama melakukan ziarah kubur ke makam para leluhur, dan pendiri Kab. Madiun,” ujarnya seusai ziarah ke makam kuncen, Kota Madiun, Selasa 9 Juli 2024.

Menurutnya motivasi kita dalam rangka untuk mengingatkan bahwa perjuangan kita sebagai penerus Pemerintah Daerah (Pemda) Kab. Madiun belum terhenti. Sehingga amanah ini, tentunya harus kita lanjutkan sampai dengan pemerintahan kedepan. Tujuannya agar masyarakat Kab. Madiun ini makmur, dan sejahtera dibawah kepemimpinan para penerus.

“Saya berharap dengan peringan Hari Jadi Kab. Madiun, tentunya masyarakat ikut sama-sama memiliki bahwa Kab. Madiun sekarang ini sudah berajak pada usia 456 tahun,” tuturnya.

Artinya, kata dia, dengan harapan pendewasaan masyarakat terkait dengan apa yang harus kita lakukan selaku unsur penyelenggara pemerintah, dan masyarakat selaku yang diatur oleh pemerintah. Tentunya harus sama-sama ‘gayung bersambut’.

“Jadi, segala kebijakan pemerintah daerah yang akan mengatur masyarakat? Tentunya dalam rangka untuk kesejahteraan masyarakat, bahkan tidak dalam kapasitas yang lainnya,” ungkap Tontro Pahlawanto.

Diinformasikan rombongan seusai zirah ke makam kuncen, Kota Madiun, melanjutkan untuk ziarah ke makam para leluhur di makam kuno Kec. Taman, Kota Madiun. Dilanjutkan ke makam kuncen Caruban, Kec. Mejayan, Kab. Madiun, dan makam yang ada di Gunung Bancak, Desa Giripurno, Kab. Magetan.

Foto: Terlihat Pj. Bupati Madiun, H. Tontro Pahlawanto bersama Forkopimda saat tabur bunga di pusara makam Bupati Madiun pertama yakni Pengeran Timur Ronggo Djuemeno di Kel. Kuncen, Kota Madiun.*(al/pressphoto.id)

error: