logo

WonderVerse Indonesia, Promosi Sektor Parekraf Melalui Dunia Virtual

Kamis, 1 Februari 2024

INDONESIA – Perkembangan teknologi terus menimbulkan efek positif di berbagai sektor. Tak terkecuali di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (Parekraf) Indonesia. Kecanggihan teknologi digital terus dimanfaatkan dengan baik dalam mengembangkan dan mempromosikan sektor parekraf Indonesia. Hal ini terlihat dari diluncurkannya WonderVerse Indonesia pada Senin, 9 Oktober 2023 lalu.

WonderVerse Indonesia adalah dunia virtual yang mempromosikan sektor parekraf dengan cara yang lebih kekinian. Seperti yang kita ketahui, beberapa tahun belakang dunia dihebohkan dengan kemunculan dunia virtual, Metaverse. Mengikuti tren tersebut, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mengembangkan WonderVerse Indonesia bersama Magnus Indonesia.

Di WonderVerse Indonesia “wisatawan virtual” akan mendapatkan pengalaman seru melalui berbagai fitur, seperti bermain gim tradisional, pertunjukan langsung secara virtual, suvenir virtual, sampai pemesanan tiket pesawat juga bisa dilakukan di WonderVerse Indonesia!

Empat Zona di WonderVerse Indonesia

WonderVerse Indonesia terbagi dalam empat zona, yakni Lobby, WonderReal, WonderGoods, dan WonderFun. Setiap zona memiliki berbagai spesifikasi dan fungsi yang berbeda-beda. Di zona pertama, Lobby, merupakan tempat berinteraksi pertama kali para wisatawan virtual (user) di dunia virtual.

Di Lobby, Sobat Parekraf bisa melihat berbagai satwa endemik Indonesia: komodo, kaswari, hiu paus, dan orangutan, serta bertemu dengan tour guide virtual: Maia, yang akan memandu Sobat Parekraf dalam menjelajahi setiap sudut di WonderVerse Indonesia.

Zona berikutnya adalah WonderReal. Pada zona ini Sobat Parekraf bisa melihat fitur video dan image 360 dari tiga destinasi: Bali, Wakatobi, dan Raja Ampat, serta tempat pembelian tiket pesawat dari Garuda Indonesia.

Selanjutnya WonderGoods, yang merupakan etalase promosi produk-produk tiga subsektor ekonomi kreatif unggulan Indonesia, yakni kuliner, fesyen, dan kriya. Menariknya, Sobat Parekraf bisa langsung memesan produk-produk kreatif dari WonderVerse Indonesia, karena sudah terhubung dengan akun media sosial resmi dari beberapa jenama, seperti tempe krezi (kuliner), pijak bumi (fesyen), dan jenggala (kriya).

Zona terakhir adalah WonderFun. Di zona ini Sobat Parekraf bisa memainkan mini-games dan menonton pertunjukan Tari Tor-tor secara virtual. Saat ini baru ada satu gim yang bisa dimainkan, yakni Fahombo Runner. Permainan yang terinspirasi dari tradisi lompat batu dari Pulau Nias. Sobat Parekraf diminta melompati batu dan lubang serta menghindari burung-burung yang terbang untuk mencatatkan skor tertinggi.

Cara Masuk ke WonderVerse Indonesia

Walau masih dalam tahap pengembangan, Sobat Parekraf sudah bisa merasakan keseruan di dalam dunia virtual ini. Cara masuknya juga cukup mudah. Pertama, kunjungi www.wonderverseindonesia.com, lalu membuat akun menggunakan Gmail untuk masuk ke dunia virtual. Lalu, Sobat Parekraf akan diminta membuat avatar. Menariknya, avatar di WonderVerse Indonesia menggunakan baju adat khas dari lima pulau di Indonesia: Bali, Sulawesi, Kalimantan, Jawa, dan Sumatra.

Setelah kelar membuat avatar, Sobat Parekraf akan masuk ke Lobby dan diarahkan untuk bertemu Maia yang akan menjelaskan fitur-fitur dan misi-misi yang ada di WonderVerse Indonesia. Selanjutnya Sobat Parekraf bisa menjelajah setiap zona yang ada di WonderVerse Indonesia.

Ada beberapa hal menarik yang bisa dilakukan di dunia virtual ini. Contohnya, avatar yang Sobat Parekraf pakai bisa saling “mengejek” avatar lainnya dengan mengeklik fitur “Taunt”. Ada lima gerakan tarian lucu yang bisa dipilih. Selain itu, kita juga bisa saling mengirim pesan ke wisatawan virtual lainnya melalui fitur chat yang ada di pojok kiri bawah layar.

Hal menarik lainnya adalah hadirnya kapal pinisi yang membawa Sobat Parekraf “teleportasi” ke zona-zona yang ada di WonderVerse Indonesia. Tak kalah menarik, Sobat Parekraf bisa menanyakan apa pun ke Maia. Sebab, Maia dilengkapi kecerdasan buatan, sehingga dapat menjawab segala pertanyaan yang Sobat Parekraf berikan.

Bagaimana, Sobat Parekraf tertarik masuk ke dunia virtual ini? WonderVerse Indonesia bisa diunduh di Google Play Store, atau dimainkan langsung di Desktop menggunakan browser. Foto: Ilustrasi keseruan masuk ke dalam dunia WonderVerse Indonesia (Shutterstock/Gorodenkoff-Edited).*(data/photo:kemenparekraf.go.id)

error: