logo

Wamenparekraf: Perolehan Medali Kontingen Indonesia di Asian Para Games 2022 Lampaui Target

Minggu, 29 Oktober 2023

JAKARTA – Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf/Wakabaparekraf) Angela Tanoesoedibjo mengungkapkan perolehan medali Kontingen Indonesia yang berpartisipasi dalam Asian Para Games 2022 di Hangzhou, Republik Rakyat Tiongkok, berhasil melampaui target yang telah ditetapkan.

Dalam konferensi pers virtual, Sabtu (28/10/2023), Wamenparekraf Angela yang menjabat sebagai Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia di Asian Para Games 2022 mengatakan, berdasarkan klasemen terakhir dari turnamen olahraga multi-ajang itu, Indonesia berhasil menduduki peringkat keenam dan memperoleh total 95 medali.

Jumlah itu terdiri dari 29 emas, 30 perak, dan 36 perunggu. Perolehan ini jauh melebihi target medali yang telah ditetapkan sebelumnya yaitu 19 medali emas, 23 perak, dan 25 perunggu.

“Perolehan ini jauh melampaui target kami yang sebelumnya ditetapkan. Bahkan peringkat Indonesia ini adalah peringkat satu untuk negara ASEAN, dan bisa disimpulkan ini sebagai prestasi terbaik Indonesia dalam keikutsertaan di Asian Para Games, di luar sebagai tuan rumah,” kata Angela.

Selain itu, dalam perhelatan olahraga paralimpik yang digelar sejak 22-28 Oktober 2023 ini, Kontingen Indonesia juga berhasil memecahkan 13 rekor yaitu delapan rekor Asian Para Games, tiga rekor Asia, dan dua rekor dunia.

“Oleh karena itu, saya ingin mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada para atlet yang telah berjuang sejak masa pelatihan, klasifikasi, kualifikasi, hingga final,” katanya.

Menurutnya, sebanyak 130 atlet yang tergabung dalam Kontigen Indonesia telah berjuang secara maksimal untuk mengibarkan Bendera Merah Putih dan mengumandangkan Lagu “Indonesia Raya” dalam Asian Para Games 2022.

“Sebanyak 130 atlet adalah para juara yang telah mengalahkan keraguan, telah keluar dari zona nyaman, dan berjuang sampai detik-detik terakhir,” kata Angela.

Tak hanya itu, Angela juga mengungkapkan terima kasihnya kepada para pelatih dan tenaga pendukung lainnya yang turut mendorong perjuangan para atlet Indonesia di ajang Asian Para Games 2022.

“Semoga pencapaian di ajang ini menambah semangat bagi kawan-kawan atlet untuk kompetisi besar lainnya nanti, terima kasih,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga, Gunawan Suswantoro, menambahkan capaian ini merupakan hal yang tidak pernah diduga sebelumnya. Sehingga hal ini patut menjadi kebanggaan tersendiri bagi Indonesia.

“Kemenpora memberikan apresiasi yang sangat tinggi atas perjuangan seluruh atlet Asian Para Games,” kata Gunawan.*(data/photo:kemenparekraf.go.id)

error: