logo

Wali Kota Madiun : Satlinmas Ujung Paling Depan Masyarakat

Jumat, 15 Desember 2023

MADIUN – Dalam setiap perayaan pesta demokrasi, Satlinmas memegang peranan penting di masyarakat. Mereka bertugas sebagai garda terdepan menjaga dan mengawal pelaksanaan pemilu di tempat pemungutan suara (TPS) agar berjalan aman, lancar, dan jauh dari tindak kecurangan.

Karenanya, Satlinmas juga wajib dibekali dengan pengetahuan terkait jalannya pemilu tahun depan. Untuk itu, Pemkot Madiun melalui Satpol PP dan Damkar menggelar bimbingan teknis (bimtek) kesiapsiagaan pengamanan pemilu dan pengukuhan Satlinmas Kota Madiun.

Kegiatan yang dihadiri 1.300 anggota Satlinmas Kota Madiun itu berlangsung di Ngrowo Bening Edupark, Jumat (15/12). Adapun narasumber yang hadir berasal dari unsur TNI/Polri, KPU, dan Wali Kota Madiun Dr. Maidi. “Satlinmas itu ujung paling depan masyarakat,” ujar wali kota.

Sebagai petugas keamanan yang berada di lokasi TPS, wali kota berharap Satlinmas bisa menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik. Serta, memastikan bahwa pencoblosan berlangsung aman sebagaimana mestinya. “Jangan sampai Satlinmas memberikan contoh yang tidak baik,” imbuhnya.

Sementara itu, Kasatpol PP dan Damkar Kota Madiun Sunardi Nurcahyono menjelaskan bahwa Satlinmas hari ini mendapatkan materi tentang tugas yang akan dilakukannya dalam pemilu. Serta, tata cara pemungutan suara.

“Selain pengaman di TPS, Satlinmas juga bertugas menjaga logistik pemilu, pengiriman ke TPS, hingga mengembalikan logistik pemilu ke pos kecamatan maupun kelurahan. Maka dari itu, bimtek ini diperlukan,” jelasnya.*(data/photo:diskominfo)

error: