logo

Wali Kota: Kita Ada Kerja Sama dengan Ceko Untuk Pendidikan dan Kebudayaan

Rabu, 13 Desember 2023

MADIUN – Kota Madiun kembali kedatangan tamu luar negeri. Kali ini, ada utusan perwakilan dari Republik Ceko yang datang berkunjung, Rabu (13/12). Utusan bernama yang bernama Stanislav Pěč Standa itu diterima Wali Kota Madiun, Dr. Maidi di GCIO Dinas Komunikasi dan Informatika.

‘’Ya yang jelas kita memang ada kerja dengan Pemerintah Republik Ceko. Mulai pendidikan dan Kebudayaan. Hari ini salah satunya terkait itu,’’ kata wali kota.

Ya, utusan tersebut memang disuguhkan berbagai kesenian yang dibawakan pelajar. Mulai gamelan, tarian, dan lain sebagainya. Wali kota menyebut anak-anak dari Kota Madiun membuka peluang untuk tampil langsung di sana.

Hal itu tentu satu keuntungan bagi Kota Madiun. Selain itu, dialog pendidikan juga mengemuka. Tidak hanya diikuti peserta dari Kota Madiun. Tetapi juga diikuti mahasiswa dari Kota Madiun dan tanah air yang berada di Ceko melalui zoom meeting.

‘’Kerja sama ini sudah cukup baik ya. Ada ratusan mahasiswa dari Indonesia di sana. Yang dari Kota Madiun juga cukup banyak, semoga ke depan bisa lebih baik lagi,’’ imbuhnya.

Wali kota menyebut setidaknya ada 23 mahasiswa Politeknik Negeri Madiun (PNM) yang mengikuti program magang di Ceko. Mereka juga turut bergabung dalam dialog melalui zoom meeting.

Wali Kota Dr. Maidi berpesan untuk mengoptimalkan kesempatan selama di sana. Sebab, ada banyak pengalaman yang bisa dipetik yang mungkin tidak bisa terulang dan didapatkan di tempat lain.

‘’Mumpung ada di sana, manfaatkan benar kesempatan yang ada. Di sana negara maju, ada banyak ilmu dan pengalaman yang bisa digali,’’ pungkasnya.*(data/photo:diskominfo)

error: