logo

Wali Kota: Kesehatan Kebutuhan Dasar, Pelayanan Harus Maksimal

Senin, 11 Desember 2023

MADIUN – Urusan kesehatan merupakan salah satu kebutuhan dasar masyarakat. Karenanya, urusan kesehatan juga harus optimal. Arahan dan pembinaan kembali dilakukan Wali Kota Madiun, Dr. Maidi kepada pegawai Dinas Kesehatan Kota Madiun melalui giat Focus Group Discussion (FGD) di Graha Mangga, Senin (11/12).

FGD tersebut sekaligus evaluasi capaian SPM Kesehatan 2023 dan penyampaian rancangan rencana strategis tahun 2025-2026 Dinkes PP dan KB Kota Madiun.

Wali Kota Dr Maidi menyebut urusan kesehatan memang harus dikedepankan. Wali kota pun mengapresiasi capaian SPM Dinas Kesehatan yang bisa terpenuhi 100 persen. Artinya, semua indikator di dalamnya bisa tercapai. Orang nomor satu di Kota Pendekar itu pun memberikan apresiasinya.

‘’Pelayanan kesehatan harus optimal. Masyarakat harus terus disehatkan. Tetapi yang melayani juga harus sehat dulu,’’ kata wali kota.

Karenanya, wali kota tak lupa mengingatkan tenaga kesehatan untuk juga selalu menjaga kesehatannya. Wali kota tak menampik tugas tenaga kesehatan cukup berat. Apalagi di masa pandemi Covid-19 lalu. Namun, secara keseluruhan kinerja Dinas Kesehatan PP dan KB Kota Madiun cukup bagus.

Hal itu terbukti dari capaian sejumlah penghargaan. Terbaru, Dinas Kesehatan PP dan KB Kota Madiun memborong tiga prestasi sekaligus. Dua penghargaan terkait bidang Keluarga Berkualitas (KB). Satu lainnya terkait bidang penanganan tuberkulosis (TBC).

Penghargaan terkait penanganan TBC diberikan bersamaan pertemuan nasional program tuberkulosis di Surabaya, delapan November lalu. Kota Madiun mendapatkan penghargaan kabupaten/kota terbaik atas pencapaian Dinas Kesehatan dalam pelaksanaan program TBC 2023.

Penghargaan dikeluarkan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan. Sementara satu penghargaan lainnya diraih pada 1 November lalu. Yakni, penghargaan kepada Kota Madiun sebagai kabupaten/kota yang telah berhasil membentuk Kampung Keluarga Berkualitas di seluruh desa/kelurahan.

Itu sesuai dengan Inpres 3/2022 tentang optimalisasi penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas yang menginstruksikan pembentukan Kampung KB di seluruh desa/kelurahan. Piagam penghargaan diberikan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Maria Ernawati.

Satu penghargaan lainnya didapat SMAN 1 Kota Madiun sebagai Juara III dalam lomba Sekolah Siaga Kependudukan (SKK) Paripurna kategori SMA sederajat. Penghargaan ini diberikan Kepala BKKBN, Hasto Wardoyo.*(data/photo:diskominfo)

error: