logo

Tingkatkan Keselamatan, Daop 7 Madiun Gelar Pembekalan Pelatihan P3K

Kamis, 20 Maret 2025

MADIUN – PT Kereta Api Indonesia/KAI (Persero) Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun menggelar kegiatan pembekalan pelatihan penyegaran (refreshing) Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) bertempat di lingkungan Stasiun Madiun.

Manager Humas KAI Daop 7 Madiun, Rokhmad Makin Zainul menerangkan kegiatan ini di khususnya bagi petugas Awak Sarana Perkeretaapian (ASP), Pengatur Perjalanan KA (PPKA), Keamanan (Security), Ticketing Officer, Prama-Prami, dan Front Liner lainnya yang berada di stasiun.

Hal ini sebagai berkomitmen meningkatkan keselamatan, dan pelayanan kepada pelanggan setia KAI. Pelatihan tersebut, bertujuan untuk membekali para petugas dengan keterampilan dasar dalam menangani situasi kegawat daruratan medis yang mungkin terjadi di lingkungan stasiun maupun di atas kereta api/KA.

Untuk materi pelatihan meliputi dasar-dasar P3K, seperti pertolongan pertama saat seseorang mengalami tersedak, mimisan, dan penanganan cedera ringan. Selain itu, juga kondisi medis yang lebih serius seperti pingsan, serangan jantung, atau luka akibat kecelakaan.

“Disamping itu, juga diberikan pula terkait manajemen kelelahan yang meliputi penyebab, jenis, gejala, pengukuran kelelahan, dan cara pencegahan kelelahan tersebut,” ujarnya, Rabu 19 Maret 2025.

Menurutnya untuk peningkatan pelayanan kepada pelanggan terutama pada masa Angkutan Lebaran 2025, KAI Daop 7 Madiun telah menyiapkan pos kesehatan di sejumlah stasiun yakni di Stasiun Madiun, Nganjuk, Kertosono, Jombang, Kediri, Tulungagung, dan Blitar serta Pos Pemeriksaan Kesehatan (Posrikes) bagi ASP di UPT Crew KA Madiun.

Pos kesehatan ini, tentunya juga dilengkapi dengan tenaga medis dan fasilitas dasar untuk memberikan pertolongan pertama kepada penumpang KA yang membutuhkan. Diharapkan dengan adanya pelatihan ini serta keberadaan pos kesehatan, seluruh petugas dapat bertindak cepat, dan tepat dalam menangani kejadian darurat.

Sehingga keselamatan, dan kenyamanan perjalanan KA semakin terjamin. KAI Daop 7 Madiun terus berupaya meningkatkan kualitas layanan dalam rangka mewujudkan momen Lebaran 2025, “Tenang dan Menyenangkan” bagi seluruh pelanggan KAI.

“KAI terus berkomitmen meningkatkan keselamatan, dan kenyamanan penumpang. Pelatihan P3K ini, penting agar petugas kami memiliki kesiapan dalam memberikan pertolongan pertama jika ada keadaan darurat baik saat di perjalanan ataupun di area stasiun,” katanya.

Rokhmad Makin Zainul menambahkan diimbau kepada masyarakat yang membutuhkan informasi terkait perjalanan, dan pelayanan KA juga dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial @KAI121.*(al/pressphoto.id)

error: