logo

Serunya Memacu Adrenalin di Tengah Keindahan Alam Pangandaran

Selasa, 30 Januari 2024

INDONESIA – Popularitas sport tourism berkembang pesat di Indonesia. Hal ini dibuktikan dari banyaknya event olahraga berskala nasional maupun internasional yang rencananya bakal diselenggarakan di Indonesia. Salah satu daerah di Indonesia yang kerap menjadi “langganan” ajang sport tourism adalah Pangandaran, Jawa Barat.

Tidak hanya satu atau dua, ada banyak ajang sport tourism yang sukses diselenggarakan di Pangandaran. Baik itu skala nasional maupun internasional. Mulai dari Jabar International Marathon 2022, Cycling de Jabar 2022 & 2023, Fun Petanque Savana Beach Pangandaran yang diselenggarakan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), hingga tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov XIV) Jabar.

Menariknya, setiap ajang sport tourism mengangkat berbagai olahraga yang populer. Seperti berlari, bersepeda, berenang, hingga body rafting. Tak sekadar berlomba dan mendapatkan gelar juara, ajang sport tourism di Pangandaran juga memberi kesempatan para peserta untuk menikmati wisata alam di sekitarnya.

Menjadi tempat langganan ajang sport tourism tentunya menjadi awal yang sangat baik bagi sektor pariwisata di Pangandaran. Mengingat, sport tourism menjadi atraksi wisata dengan pertumbuhan pesat, serta memiliki pasar yang cukup besar berkat banyaknya wisatawan domestik maupun mancanegara yang tertarik pada aktivitas olahraga di berbagai daerah di Indonesia.

Lokasi Sport Tourism di Pangandaran

Siapa sangka, ternyata ada banyak destinasi wisata di Pangandaran yang kerap dijadikan sebagai lokasi sport tourism wisatawan. Uniknya, setiap lokasi sport tourism menawarkan keindahan alam dengan daya tariknya masing-masing. Sebagai referensi, berikut rekomendasi lokasi sport tourism di Pangandaran yang menarik dijelajahi untuk berlibur sekaligus olahraga:

1.Pantai Pangandaran

Bagi Sobat Parekraf yang suka melakukan olahraga lari atau jogging, boleh banget mengunjungi Pantai Pangandaran. Pasalnya, sepanjang garis Pantai Pangandaran hingga Batu Hiu, kita bisa melakukan olahraga lari atau jogging sambil menikmati pemandangan pantai yang tak berujung.

Memiliki jarak sekitar 16 km, olahraga di sepanjang garis Pantai Pangandaran tetap akan terasa ringan dan menyenangkan. Hal ini tentu saja berkat adanya keindahan air laut yang jernih, hamparan pasir putih alami, suara deburan ombak yang merdu, hingga semilir angin yang menyegarkan.

2.Pantai Madasari

Berlokasi di Desa Masawah, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Pantai Madasari termasuk salah satu lokasi sport tourism yang banyak diminati. Alasannya karena Pantai Madasari menawarkan pemandangan hamparan pasir yang membentang luas, serta panorama yang sangat indah.

Selain berlari di bibir pantai, surfing atau berselancar menjadi salah satu aktivitas sport tourism yang banyak diincar oleh wisatawan. Hal ini tentu saja berkat adanya gulungan ombak yang besar dan menantang, sehingga dapat memacu adrenalin.

3.Green Canyon

Sebagai pecinta olahraga air, pastikan untuk menyempatkan waktu mampir ke Green Canyon Pangandaran. Lokasi sport tourism yang sering dikenal dengan “Cukang Taneuh” ini menawarkan pemandangan gua dengan stalaktit dan stalakmit yang sangat memesona.

Salah satu aktivitas sport tourism yang bisa dilakukan di Green Canyon adalah body rafting. Sobat Parekraf dapat merasakan pengalaman mengarungi sungai dengan aliran air yang cepat dan menantang, di tengah suasana alam yang santai dan menenangkan.

4.Bukit Panenjoan 

Bersepeda turut menjadi salah satu aktivitas sport tourism yang banyak diminati. Dari banyaknya destinasi wisata, Bukit Panenjoan menjadi salah satu lokasi bersepeda yang cukup populer di daerah Pangandaran.

Berlokasi di Dusun Panenjoan, Desa Kersaratu, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran, Bukit Panenjoan terkenal memiliki medan dan tanjakan yang cukup menantang. Meski penuh tantangan dan melelahkan, namun keindahan panorama alam pegunungan dan perbukitan hijau yang masih sangat asri, serta udara sejuk dan bersih seakan menghapus rasa lelah secara instan.

Bagaimana, tertarik mencoba aktivitas sport tourism di Pangandaran, Sob? Cover: Keindahan Pantai Pangandaran yang menjadi salah satu sport tourism unggulan di Indonesia (Shutterstock/Akhmad Dody Firmansyah).*(data/photo:kemenparekraf.go.id)

error: