MADIUN – Manager Humas PT. Kereta Api Indonesia/KAI (Persero) Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun, Kuswardojo menyampaikan priode keberangkatan 21 Desember 2024 hingga 4 Januari 2025, ribuan penumpang memanfaatkan layanan transportasi kereta api (KA) untuk bepergian.
PT KAI Daop 7 Madiun mencatat pemesanan tiket selama periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025 ini, khusus keberangkatan dari Daop 7 Madiun sebanyak 13.489 pelanggan.
Namun jumlah itu, terdiri dari tiga stasiun di Daop 7 Madiun. Keberangkatan terbanyak dari Stasiun Blitar 2.569 pelanggan, Stasiun Madiun 2.504 pelanggan, dan Stasiun Kediri 2.322 pelanggan.
“Hari keberangkatan tertinggi terjadi 29 Desember 2024 dengan total 1.430 pelanggan. Jumlah ini akan terus bertambah, karena pemesanan tiket KA secara online masih terus berlangsung,” ujarnya, Kamis 21 November 2024.
Di sisi lain, lanjut dia, jumlah pelanggan yang tiba di wilayah Daop 7 Madiun pada masa yang sama mencapai 14.422 pelanggan. Stasiun dengan jumlah kedatangan terbanyak adalah Stasiun Madiun 2.968 pelanggan, Stasiun Blitar 2.735 pelanggan, dan Stasiun Kediri 2.339 pelanggan.
Dari data yang ada saat ini, bahwa puncak kedatangan terjadi pada 24 Desember 2024 nanti, dengan total 1.834 pelanggan. Bahkan KA Kahuripan dengan relasi Blitar-Kiaracondong Bandung, ternyata masih menjadi KA favorit keberangkatan dari Daop 7 Madiun.
Tiket untuk perjalanan pada periode 21 Desember 2024 hingga 4 Januari 2025 telah habis terjual (100%), kecuali untuk keberangkatan tanggal 31 Desember dan 4 Januari, yang masing-masing mencatat tingkat keterisian 84%.
Untuk itu, KAI Daop 7 Madiun menginformasikan bahwa tiket KA keberangkatan dari Daop 7 Madiun masih tersedia untuk KA lain yakni KA Singasari relasi Blitar–Pasar Senen, KA Brantas relasi Blitar–Pasar Senen, dan KA Bangunkarta relasi Jombang–Pasar Senen.
KAI tentunya sangat mengapresiasi tingginya antusiasme masyarakat terhadap layanan KA selama periode liburan ini. Untuk memastikan kelancaran perjalanan, pihak KAI mengimbau masyarakat agar segera merencanakan perjalanannya.
“Segera memesan tiket melalui aplikasi Access by KAI, website resmi KAI, atau mitra resmi penjualan tiket. Kami mengingatkan agar tidak salah dalam melakukan entry data, dan tanggal pemesanan untuk kenyamanan Penggunajasa KA,” katanya.
Kuswardojo menambahkan PT KAI Daop 7 Madiun berkomitmen memberikan pelayanan terbaik, yakni untuk mendukung kenyamanan dan keamanan penumpang selama periode libur akhir tahun 2024 ini.sumber humas daop7 madiun.*(editor:al/pressphoto.id)