PURWOKERTO – Direktur Utama (Dirut) PT Kereta Api Indonesia/KAI (Persero), Didiek Hartantyo meninjau langsung pelaksanaan arus balik Idul Fitri 1446 H/Lebaran 2025 di Stasiun Purwokerto.
Apalagi saat ini, perkembangan Stasiun Purwokerto sangat pesat dan selaras dengan peningkatan berbagai fasilitas pendukungnya.
Untuk itu dalam kunjungan kerja (kunker)-nya, ia ingin memastikan seluruh pelanggan merasa aman dan nyaman dalam menggunakan layanan kereta api (KA), khususnya pada masa arus balik ini.
“Kami ingin memastikan seluruh layanan angkutan Lebaran 2025 ini, berjalan lancar dan memberikan kenyamanan maksimal kepada para pelanggan. Terima kasih atas kepercayaan masyarakat kepada KAI,” ujarnya, Minggu 6 April 2025.
KAI, lanjut dia, tentunya berkomitmen untuk terus mendukung, dan mendorong inovasi-inovasi baru. Hal ini demi meningkatkan kualitas layanan, dan tidak hanya di stasiun saja, tetapi juga di dalam kereta.
Secara bertahap, KAI juga akan melakukan pembaruan sarana yakni termasuk menghadirkan kereta-kereta dengan seri New Generation (generasi baru) yang lebih modern dan nyaman.
Sehingga, pelanggan KAI ke depannya akan semakin dimanjakan, dan diharapkan memiliki pengalaman berkesan setiap kali bepergian dengan KA. Namun, upaya peningkatan layanan ini, tentu tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak.
“Termasuk dari para stakeholders (pemangku kepentingan) dan masyarakat luas yang terus mendukung kemajuan perkeretaapian nasional,” katanya.
Menurutnya antusiasme masyarakat terhadap angkutan KA pada masa Angkutan Lebaran 2025 di wilayah KAI Daop 5 Purwokerto, menunjukkan tren positif. Sejak 21 Maret hingga 6 April 2025, Stasiun Purwokerto tercatat sebagai stasiun dengan aktivitas tertinggi yakni memberangkatkan 96.269 pelanggan.
Misalnya pada Sabtu 6 April 2025 hingga pukul 15.00 WIB, volume penumpang KA yang naik di Stasiun Purwokerto tercatat 7.947 orang, sementara penumpang turun 5.269 orang.
Untuk itu, ia menyampaikan terima kasih atas kepercayaan masyarakat yang memilih KA sebagai sarana transportasi selama masa lebaran. KAI akan terus berinovasi, dan memberikan pelayanan terbaik untuk mendukung mobilitas masyarakat dengan selamat, nyaman, dan tepat waktu.
“Sebagai bentuk apresiasi atas kepercayaan masyarakat, KAI berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan,” tuturnya.
Didiek Hartantyo menambahkan pada masa Angkutan Lebaran 2025 ini, KAI memastikan seluruh perjalanan berjalan aman, nyaman, dan tepat waktu. Hal ini sebagai bagian dari upaya menghadirkan layanan transportasi publik yang modern, profesional, dan berorientasi pada kepuasan pelanggan.
Diinformasikan sebelumnya saat kunker, Dirut KAI Didiek Hartantyo memantau secara langsung berbagai fasilitas pelayanan pelanggan setia KAI yang tersedia di Stasiun Purwokerto, seperti ruang tunggu, loket, dan boarding.
Langkah ini dilakukan untuk memastikan bahwa seluruh fasilitas berfungsi optimal, dan mampu mendukung kenyamanan pelanggan setia KAI selama masa arus balik Lebaran 2025.
Disela itu, Didiek Hartantyo juga menyempatkan diri menyapa para pelanggan yang sedang menunggu keberangkatan KA, sebagai wujud kedekatan dan komitmen KAI dalam memberikan pelayanan terbaik.
Sebagai bentuk apresiasi atas kepercayaan masyarakat, Didiek Hartantyo berkenan berdialog dengan para pelanggan untuk mendengarkan langsung pengalaman mereka menggunakan layanan KAI.
Dalam interaksi tersebut, KAI juga membagikan souvenir sebagai bentuk ucapan terima kasih, yakni tumbler untuk penumpang dewasa serta buku mewarnai, tumbler, dan kotak makan untuk anak-anak.
Kegiatan ini tidak hanya menjadi bentuk kepedulian KAI terhadap pelanggan, tetapi juga bagian dari upaya terus menerus dalam meningkatkan kualitas layanan berbasis masukan langsung dari pengguna jasa KA.*(al/pressphoto.id)