logo

Lebaran 1446 H, Daop 7 Catat Penjualan Tiket KJJ Capai 69.330 Penumpang

Minggu, 16 Maret 2025

MADIUN – Hingga ini masyarakat, khususnya pelanggan setia PT Kereta Api Indonesia/KAI (Persero) mengutamakan moda transportasi kereta api (KA) menjadi pilihan untuk melakukan perjalanan jarak jauh maupun dekat.

KAI Daerah Operasi 7 (Daop 7) Madiun sendiri telah mencatat, tingginya permintaan masyarakat terhadap layanan transportasi KA dalam rangka Angkutan Lebaran 1446 H/Tahun 2025. Bahkan, selama periode Angkutan Lebaran 1446 H yang berlangsung selama 22 hari, yakni mulai 21 Maret hingga 11 April 2025 nanti.

“KAI Daop 7 Madiun telah menyediakan kapasitas angkut hingga total 127.248 tempat duduk atau TD,” ujar Manager Humas KAI Daop 7 Madiun, Rokhmad Makin Zainul, Minggu 16 Maret 2025.

Menurutnya dari total kapasitas ini, sejumlah 85.008 kursi di alokasikan untuk layanan KA Jarak Jauh atau KAJJ. Sementara 42.240 kursi, telah di sediakan untuk KA Lokal atau KAL yang beroperasi di wilayah Daop 7 Madiun. Tercatat hingga 16 Maret 2025, jumlah tiket KJJ terjual total 69.330 tiket atau 82% dari total kapasitas yang tersedia.

Namun, berdasarkan tren pemesanan tiket KA keberangkatan awal di stasiun-stasiun wilayah Daop 7 Madiun, terdapat beberapa tanggal keberangkatan yang mencatat okupansi lebih dari 100%, khususnya pada periode pasca Lebaran yakni 2–9 April 2025.

“Okupansi yang melampaui 100% ini, memang terjadi karena adanya penumpang dinamis yaitu pelanggan yang naik dan turun di berbagai stasiun sepanjang rute perjalanan,” katanya.

Ia menegaskan KAI terus berupaya meningkatkan kualitas layanan demi menghadirkan pengalaman mudik yang lebih aman, nyaman, dan ramah lingkungan. Berbagai inovasi telah di terapkan, KAI optimistis Angkutan Lebaran 1446 H ini akan berjalan dengan baik, dan memberikan pengalaman perjalanan yang menyenangkan bagi pelanggan KA.

“Disampaikan kepada masyarakat yang membutuhkan informasi terkait perjalanan dan pelayanan KA, dapat menghubungi Contact Center KAI melalui Telepon 121, WhatsApp 08111-2111-121, Email cs@kai.id, atau Media sosial @KAI121,” jelasnya.

Rokhmad Makin Zainul menambahkan bahwa pihaknya mengimbau bagi pelanggan setia KAI yang belum mendapatkan tiket sesuai jadwal keberangkatan yang diinginkan?

Sebaiknya, untuk mempertimbangkan opsi perjalanan di tanggal atau jam keberangkatan lain. Maka dengan demikian, peluang mendapatkan tiket semakin besar.

“Selain itu, pelanggan juga dapat memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi KAI Access, yang membantu mengombinasikan jadwal perjalanan dengan KA persambungan,” tandasnya.*(al/pressphoto.id)

error: