Jakarta, 10 Juni 2025 – Wakil Menteri Ekonomi Kreatif (Wamen Ekraf), Irene Umar, menilai pentingnya mendorong pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia dan meningkatkan daya saing produk lokal di kancah internasional. Wamen Ekraf menyampaikan itu dalam acara grand opening Grebe di Lippo Mall Nusantara, Jakarta, Selasa, 10 Juni 2025.
“Upaya ini sejalan dengan fokus pemerintah dalam mengembangkan sektor ekonomi kreatif yang memiliki potensi besar untuk pertumbuhan ekonomi, menciptakan lapangan kerja berkualitas, dan mempromosikan produk lokal,” ujar Wamen Ekraf Irene Umar.
Pada gerai ketiganya, Grebe memperkenalkan konsep inovatif dengan menggabungkan berbagai brand fesyen lokal ternama dan coffee shop eksklusif yang menyajikan 100% produk kopi Indonesia berkualitas tinggi. Grebe diharapkan menciptakan ekosistem yang mendukung pertumbuhan brand lokal dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mendukung produk dalam negeri.
Wamen Ekraf menekankan bahwa kolaborasi lintas sektor merupakan kunci untuk memperkuat ekosistem ekonomi kreatif di Indonesia, sehingga perlu didorong secara berkelanjutan.
“Kita perlu mendorong kolaborasi seperti ini agar produk lokal bisa naik kelas dan bersaing di tingkat internasional. Kami berharap Grebe dapat menjadi salah satu contoh sukses dalam mengembangkan potensi ekonomi kreatif dan meningkatkan daya saing brand lokal,” kata Wamen Ekraf.
Kementerian Ekraf memberikan apresiasi kepada Grebe dan Pigeonhole Coffee atas inisiatif dan kerja sama yang telah dilakukan dalam mengembangkan potensi ekonomi kreatif dan mempromosikan produk lokal.
Triangga, Co-Founder Grebe Indonesia, mengungkapkan bahwa Grebe memiliki visi untuk memberdayakan brand lokal Indonesia dan menjadi wadah bagi para pelaku usaha kreatif untuk berkembang dan meningkatkan kualitas produk mereka. “Kita ingin membantu produk lokal supaya tidak disepelekan dan bisa merajai di Indonesia ini sendiri,” katanya.
Gusti Laksamana, Founder Pigeonhole Coffee, menyatakan bahwa kolaborasi antara Pigeonhole Coffee dan Grebe Indonesia merupakan langkah penting dalam mempromosikan brand lokal, terutama di industri fesyen dan kuliner yang merupakan subsektor strategis ekonomi kreatif dan memiliki pengaruh besar dalam membentuk gaya hidup masyarakat modern.
“Melalui kerja sama ini, kita ingin memajukan aset lokal dengan lebih maksimal, baik itu brand lokal maupun produk kopi Indonesia yang berkualitas tinggi,” ujarnya.*(sumber:ekraf.go.id)