logo

Kemenparekraf Siapkan Peta Perjalanan Wisata Jelang Libur Imlek 2024

Selasa, 30 Januari 2024

JAKARTA – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) telah menyiapkan peta perjalanan atau travel pattern menjelang libur Tahun Baru Imlek bagi wisatawan nusantara (wisnus) dan wisatawan mancanegara (wisman).

Menparekraf Sandiaga Uno saat The Weekly Brief With Sandi Uno di Jakarta, Senin (29/1/2024) menjelaskan, libur panjang menyambut Tahun Baru Imlek mempunyai potensi besar dalam mendatangkan wisman dan pergerakan wisnus. “Pemerintah tahun 2024 ini

menargetkan kunjungan 14,3 wisman dan 1,2 miliar sampai 1,5 miliar pergerakan wisnus, kami telah membuat peta perjalanan yang meliputi destinasi wisata Jakarta, Surakarta (Solo), Semarang, Palembang, dan Singkawang,” ujarnya.

Menparekraf Sandiaga menjelaskan, kawasan Pecinan yang merupakan salah satu kawasan wisata populer yang ada di setiap kota di Indonesia, memiliki keunikan khas dan menarik perhatian banyak wisatawan. Di Pecinan, ragam budaya Tionghoa terasa sangat kental, mulai dari pintu gerbang, bangunan, heritage, tempat ibadah, aksesori, hingga kuliner.

“Kawasan wisata Pecinan sarat dengan budaya masyarakat Tionghoa di Indonesia berupa peninggalan bangunan, kegiatan sehari-hari masyarakat, atraksi wisata seperti pusat kuliner dan pertokoan,” ujar Menparekraf.

Kemenparekraf merekomendasikan kawasan wisata Pecinan, menyambut Tahun Baru Imlek dan perayaan Cap Go Meh antara lain; Glodok-Petak Sembilan Jakarta menjadi andalan seperti pecinan Glodok dan beberapa paket wisata dengan tautan: https://pecinanglodok.wixsite.com/my-site.

Kemudian ada destinasi wisata Pecinan di kawasan Kauman, Semarang Tengah, dengan tradisi perayaan Cap Go Meh arak-arakan patung Samp Poo Kong dari kuil Tay Kak Sie ke Gedung Batu.

Destinasi wisata Pecinan lainnya ada di kawasan Pasar Gede Solo yang akan menggelar atraksi Grebeg Sudiro yang berlangsung 28 Januari-10 Februari 2024.

Di Sumatra terdapat destinasi wisata Pulau Kemaro Palembang l sebagai salah satu obyek wisata andalan Kota Palembang dengan tradisi kesenian barongsai, wayang orang Tiongkok dan kesenian tradisional lain.

Dan terakhir ada destinasi wisata yang masuk dalam Karisma Event Nusantara yaitu Cap Go Meh Singkawang, Kalimantan Barat, yang dikenal dengan kota seribu vihara/klenteng yang akan dilaksanakan pada 10-24 Februari 2024.Turut hadir dalam kesempatan tersebut, jajaran eselon I dan II di lingkungan Kemenparekraf/Baparekraf. *(data/photo:kemenparekraf.go.id)

error: