logo

KAI Tutup Posko Angkutan Lebaran 2025, Daop 7 Sukses Layani 186.894 Penumpang

Rabu, 9 April 2025

MADIUN – Pelaksanaan posko angkutan Lebaran 2025 yang berlangsung selama 16 hari yakni mulai 24 Maret hingga 8 April 2025, kini secara resmi di tutup PT Kereta Api Indonesia/KAI (Persero).

Meski demikian, masa angkutan Lebaran yang di mulai sejak 21 Maret 2025 masih berlangsung hingga pada tanggal 11 April 2025 nanti. Berdasarkan data sejak 21 Maret hingga 8 April 2025 ini, KAI Daop 7 Madiun melayani 186.894 orang atau penumpang yang naik, atau rata-rata 9.837 orang per hari.

“Jumlah tersebut, meningkat sebesar 8% dibandingkan periode yang sama pada masa posko angkutan Lebaran 2024 lalu, yaitu 173.598 penumpang kereta api atau KA,” ujar Manager Humas PT KAI Daop 7 Madiun, Rokhmad Makin Zainul, Selasa 8 April 2025.

Namun, lanjut dia, puncak volume pelanggan tertinggi di Daop 7 Madiun pada periode angkutan Lebaran 2025 terjadi H+6 Lebaran atau Senin 7 April 2025 yakni dengan total 15.955 orang yang diberangkatkan dari 13 stasiun naik-turun penumpang di wilayah Daop 7 Madiun.

Untuk itu, KAI Daop 7 Madiun menyampaikan apresiasi kepada seluruh stakeholder (pemangku kepentingan) yang terlibat aktif dalam posko angkutan Lebaran 2025, sehingga secara umum berjalan dengan selamat, aman, lancar, dan terkendali.

Sehingga, KAI Daop 7 Madiun dapat mewujudkan ‘Mudik Tenang dan Menyenangkan’ bagi pelanggan selama masa angkutan Lebaran 2025. Bahkan selama masa angkutan Lebaran 2025, KAI Daop 7 Madiun juga menghadirkan berbagai inovasi guna meningkatkan layanan kepada pelanggan.

Terutamanya layanan penggantian sarana pada KA Madiun Jaya kelas eksekutif menjadi new generation (generasi baru), fasilitas face recognition (fasilitas pengenalan wajah) di Stasiun Madiun, dan water dispenser (penyalur air minum) secara gratis di tiga stasiun besar yakni Stasiun Madiun, Blitar, Stasiun Kediri.

Selain itu, loyalty programme (program loyalitas) juga dilaksanakan KAI Daop 7 Madiun dengan membagikan makanan jenis takjil gratis pada sepuluh hari terakhir puasa Ramadan 1446 H yakni mulai tanggal 21 hingga 30 Maret 2025. Dalam kegiatan itu, sebanyak 700 paket di bagikan secara gratis di Stasiun Madiun.

Berikutnya pemberian goody bag (tas bingkisan) berisi suvenir khas KAI. Tak hanya itu, pelanggan cilik (anak-anak) turut mendapatkan hadiah berupa permainan edukatif, seperti puzzle (teka-teki/permainan) dan buku mewarnai.

“Masyarakat yang masih menikmati libur Lebaran 2025 untuk merencanakan perjalanannya dengan memesan tiket KA melalui aplikasi resmi KAI, yaitu Access by KAI, atau kanal eksternal lainnya yang telah bekerja sama dengan KAI,” ungkapnya.

Rokhmad Makin Zainul kembali mengingatkan kepada Masyarakat yang membutuhkan informasi terkait perjalanan dan pelayanan KA, juga dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial @KAI121.

“Kami, adalah KAI Daop 7 Madiun mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggan yang telah menggunakan KA sebagai moda transportasi utama selama masa angkutan Lebaran 2025,” tandasnya.*(al/pressphoto.id)

error: