logo

Inilah 6 Komunitas Jalan-Jalan di Indonesia, Teman Baru untuk Liburan

Minggu, 29 Oktober 2023

INDONESIA – Berlibur dan mengunjungi berbagai destinasi wisata di Indonesia menjadi salah satu cara seru mengisi waktu liburan. Alih-alih pergi sendirian, tidak ada salahnya Sobat Parekraf gabung dalam komunitas jalan-jalan. Tak hanya seru, gabung komunitas jalan-jalan memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan, lo!

Tidak perlu bingung, karena saat ini ada banyak komunitas jalan-jalan di Indonesia yang bisa jadi teman liburan kita. Menariknya, setiap komunitas memiliki ketertarikannya masing-masing. Ada komunitas jalan-jalan untuk backpacker, komunitas liburan sambil naik bis, hingga komunitas jalan-jalan sambil belajar sejarah.

Sebelum siapkan ransel, ketahui 6 komunitas jalan-jalan di Indonesia yang menarik diikuti:

Jakarta Good Guide : Salah satu komunitas jalan-jalan yang bisa diikuti adalah Jakarta Good Guide. Komunitas jalan-jalan ini memiliki pemandu profesional dan berlisensi yang akan melayani wisatawan sepenuh hati untuk walking tours ke berbagai sudut kota di Jakarta.

Berdiri sejak September 2014, Jakarta Good Guide mengajak wisatawan untuk jalan kaki sepanjang 3-5 km, dan mengunjungi tempat-tempat menarik sambil menceritakan sejarah di balik tempat tersebut. Menariknya, komunitas jalan-jalan ini menerapkan konsep pay-as-you-wish. Artinya, kita dibebaskan memberi tip sesuai kemampuan dan kepuasan terhadap tur tersebut.

Jika tertarik gabung komunitas Jakarta Good Guide, Sobat Parekraf hanya perlu mengisi form pada laman blog resmi mereka. Jika sudah dikonfirmasi, kita hanya perlu datang ke titik kumpul sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

Komunitas Historia Indonesia : Komunitas jalan-jalan di Indonesia yang menarik ikuti selanjutnya adalah Komunitas Historia Indonesia (KHI). Didirikan oleh Asep Kambali, Komunitas Historia Indonesia adalah organisasi yang bertujuan untuk meningkatkan awareness masyarakat terhadap nilai sejarah yang hampir terlupakan.

Tak hanya mengunjungi tempat-tempat bersejarah di Jakarta, komunitas jalan-jalan yang sudah berdiri sejak 2003 ini memiliki banyak program. Mulai dari Napak Tilas Proklamasi, Historical Race, hingga yang banyak diminati adalah Menginap di Museum! Cocok banget untuk mengingat kembali perjuangan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, kan?

Backpacker Nusantara : Selanjutnya adalah Backpacker Nusantara, komunitas jalan-jalan yang sudah punya lebih dari 80 ribu anggota. Sesuai dengan namanya, komunitas satu ini menjadi tempat kumpul orang-orang yang ingin keliling Indonesia sambil backpacker-an.

Menariknya, komunitas ini juga aktif update lokasi wisata yang sedang naik daun. Jadi, kita tidak bakal ketinggalan informasi, deh! Selain itu, Backpacker Nusantara juga punya “saudara”, yaitu Komunitas Backpacker Internasional. Komunitas ini akan membagikan informasi terkait perjalanan ke luar negeri sambil backpacker-an.

CouchSurfing : Komunitas jalan-jalan di Indonesia yang tak kalah menarik adalah CouchSurfing. Komunitas global yang sudah memiliki sekitar 12 juta anggota ini, mempertemukan kita dengan traveler atau wisatawan lain. Sehingga, kegiatan jalan-jalan dan berlibur terasa lebih seru.

Bisa dibilang, CouchSurfing jadi komunitas jalan-jalan yang mewujudkan keinginan liburan berkualitas dengan budget minim. Pasalnya, komunitas ini akan memberikan kesempatan menginap di tempat tinggal milik tuan rumah yang terdaftar.

Tak sekadar hemat biaya penginapan, gabung dalam komunitas CouchSurfing memberi kesempatan kita untuk menjalin relasi baru. Pasalnya, kita berkesempatan bertemu dengan wisatawan dari berbagai daerah maupun negara lain yang tergabung dalam komunitas.

BisMania : Sobat Parekraf hobi liburan sambil naik bis? Maka, gabung dengan komunitas BisMania adalah pilihan yang tepat. Berdiri sejak 2007, BisMania merupakan komunitas pecinta bis terbesar di Indonesia. Bahkan, diperkirakan ada lebih dari 3.000 anggota yang tergabung dalam komunitas ini.

Seluruh anggota yang tergabung dalam komunitas BisMania tidak sekadar sharing tentang dunia per-bis-an saja. Justru, para anggotanya berkesempatan untuk keliling Indonesia mengunjungi berbagai destinasi wisata, dan tentunya sambil naik bis.

Komunitas Wisata Mistis : Pastinya Sobat Parekraf tidak habis pikir saat membaca komunitas jalan-jalan satu ini, bukan? Penting dipahami, Komunitas Wisata Mistis bukanlah komunitas “pemburu hantu”, ya! Justru, komunitas unik ini mengajak anggotanya bertualang meluruskan urban legend yang beredar di Indonesia.

Bisa dibilang, Komunitas Wisata Mistis mengusung tema pariwisata Indonesia yang unik. Pasalnya, komunitas ini akan menjadi sarana edukasi mengenal sejarah sebenarnya di balik mitos-mitos yang beredar di masyarakat. Bahkan, kita juga berkesempatan mengenal potensi pariwisata di setiap daerah di Indonesia, lo! Jadi, siap gabung dengan komunitas jalan-jalan yang mana, nih, Sob? Cover: Ilustrasi kegiatan komunitas jalan-jalan di Indonesia (shutterstock/sondrak sondrek).*(data/photo:kemenparekraf.go.id)

error: