logo

Hasil Inovasi, KAI Hadirkan Fitur Demi Kenyamanan Pelanggan Perempuan

Jumat, 28 Maret 2025

MADIUN – Demi keamanan dan kenyamanan penumpang, khususnya pelanggan setia PT Kereta Api Indonesia/KAI (Persero) Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun pada masa angkutan Lebaran 2025.

Kini, KAI menghadirkan fitur terbaru pada proses pemilihan seat (kursi) di aplikasi Access by KAI yang memberikan kenyamanan lebih bagi penumpang perempuan.

Sebab, fitur ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk meningkatkan rasa aman, dan nyaman bagi penumpang perempuan.

Bahkan, fitur ini hanya dapat digunakan oleh member Access yang memesan tiket yakni untuk penumpang perempuan, dan berlaku untuk semua KA antarkota. Meski sebelumnya proses pemilihan seat ini, belum memberikan kemudahan bagi penumpang perempuan yang ingin duduk bersebelahan dengan sesama perempuan.

“Kehadiran fitur ini, merupakan salah satu upaya KAI dalam memperhatikan kebutuhan pelanggan perempuan. Sehingga, mereka dapat merasa lebih nyaman selama dalam perjalanan,” ujar Manager Humas KAI Daop 7 Madiun, Rokhmad Makin Zainul, Jumat 28 Maret 2025.

Hal itu, lanjut dia, merupakan inovasi KAI untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan penumpang, khusnsya perempuan. Meski dalam satu pemesanan terdapat penumpang laki-laki, namun fitur ini tidak akan ditampilkan.

Meskipun demikian, KAI tetap memastikan perlindungan data pribadi pelanggan KA sesuai kebijakan yang berlaku. Namun, tak hanya di Access by KAI saja. Pelanggan yang memesan tiket di loket stasiun, juga dapat meminta kepada petugas jika ingin duduk bersebelahan dengan sesama perempuan.

“Tentunya, inovasi ini mencerminkan komitmen KAI dalam meningkatkan kualitas layanan, dan memberikan rasa aman bagi seluruh pelanggan, terutamanya perempuan,” katanya.

Ia menambahkan pada tahun 2024 yakni terdapat lebih dari 7.633.584 downloader, dan 7.317.566 pengguna aktif aplikasi Access by KAI. Untuk itu, KAI berkomitmen menghadirkan layanan yang inklusif, dan responsif terhadap kebutuhan pelanggan.*(al/pressphoto.id)

error: