logo

Daop 7 Catat Periode Februari 2025, Jumlah Pelanggan Terbesar di Stasiun Kediri

Jumat, 7 Maret 2025

MADIUN – Moda transportasi kereta api (KA) hingga ini, terus menjadi pilihan utama masyarakat untuk melakukan perjalanan baik jarak jauh maupun reguler.

PT Kereta Api Indonesia/KAI (Persero) mencatat dalam bulan Februari 2025 lalu, sebanyak 439.744 pelanggan KA telah diberangkatkan dari wilayah Daop 7 Madiun.

Terjadi peningkatan volume angkutan penumpang sebanyak 13.116 pelanggan atau meningkat 3%, jika dibandingkan periode yang sama di tahun 2024 yakni memberangkatkan 426.628 pelanggan.

Namun, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja positif yakni komitmen pada keselamatan, waktu perjalanan yang dapat di prediksi dan dipastikan atau lebih tepat waktu.

Untuk ketepatan waktu atau On Time Performance (OTP) keberangkatan KA penumpang di KAI Daop 7 Madiun tercatat 100%. Penumpang tiba atau turun, juga menunjukkan trend yang positif. Pada Februari 2025 sebanyak 428.348 pelanggan tiba di stasiun wilayah Daop 7 Madiun.

“Dibandingkan dengan kedatangan atau penumpang turun pada periode Februari 2024, tercatat 413.146 pelanggan. Ini ada kenaikan 15.202 atau naik 4%,” ujar Manager Humas KAI Daop 7 Madiun, Rokhmad Makin Zainul, Jumat 7 Maret 2025.

Menurutnya 5 stasiun dengan jumlah pelanggan terbesar di wilayah Daop 7 Madiun yakni Stasiun Kediri 64.732 pelanggan naik – 60.843 pelanggan turun, Blitar 64.381 pelanggan naik – 67.543 pelanggan turun, Madiun 63.474 pelanggan naik – 63.391 pelanggan turun, Jombang 53.056 pelanggan naik – 51.168 pelanggan turun, dan Tulungagung 52.958 pelanggan naik – 52.242 pelanggan turun.

KAI Daop 7 Madiun akan terus berupaya meningkatkan kenyamanan dan keselamatan penumpang KA, serta bekerja sama dengan pihak terkait untuk menjaga operasional yang aman dan tertib. Diharapkan peningkatan jumlah penumpang KA ini, juga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah-wilayah yang dilalui jalur KA.

“Lima stasiun tersebut, menjadi pusat mobilitas utama masyarakat di wilayah Daop 7 Madiun. Tentunya, ini menggambarkan antusiasme yang tinggi dari masyarakat dalam memanfaatkan layanan KA,” katanya.

Zainul menambahkan masyarakat yang membutuhkan informasi terkait perjalanan dan pelayanan KA, dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial @KAI121.*(al/pressphoto.id)

error: