MADIUN – Jelang natal dan tahun baru (Nataru) 2024/2025, masyarakat sudah bisa membeli tiket kereta api (KA) jarak jauh atau KJJ reguler yang telah tersedia di seluruh kanal pembelian tiket KA.
Manager Humas PT. Kereta Api Indonesia/KAI (Persero) Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun, Kuswardojo menyampaikan mulai 8 November 2024, pihaknya resmi membuka penjualan tiket KA periode Nataru 2024/2025 atau H-45 keberangkatan.
Tiket dapat dibeli melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, serta seluruh kanal resmi pemesanan tiket KA lainnya. Untuk pemesanan 8 November 2024, masyarakat dapat membeli tiket KA hingga 45 hari mendatang yakni keberangkatan sampai dengan 23 Desember 2024.
Karena pada liburan Nataru 2024/2025 ini, KAI Daop 7 Madiun telah menyediakan 4 perjalanan KA dengan keberangkatan awal dari wilayah Daop 7 Madiun dengan kapasitas sejumlah 2.524 seat setiap harinya.
Sedangkan KA yang berangkat dari wilayah Daop 7 Madiun yakni KA Brantas New Generation relasi Blitar-Pasarsenen (PP) kapasitas 582 seat, KA Singasari relasi Blitar-Pasarsenen (PP) kapasitas 600 seat, KA Bangunkarta relasi Jombang-Pasar senen (PP) kapasitas 600 seat, dan KA Kahuripan relasi Blitar-Kiaracondong (PP) kapasitas 742 seat.
“Masyarakat yang ingin melakukan perjalanan menggunakan moda transportasi KA masa Nataru 2024/2025, untuk merencanakan perjalanan berangkat dan pulang. Pastikan untuk lebih teliti dalam melakukan pemesanan tiket, mulai dari hari, tanggal, pemilihan rute, jumlah orang, hingga kereta yang digunakan,” ujarnya, Jum’at 8 November 2024.
Menurutnya bahwa KAI senantiasa berkomitmen dalam menghadirkan perjalanan KA yang aman, selamat dan nyaman. Selain itu, KAI juga memberikan pengalaman terbaik dalam melakukan perjalanan selama masa liburan Nataru 2024/2025.
Untuk informasi lebih lanjut terkait penjualan tiket pada masa Angkutan Nataru 2024/2025, masyarakat dapat menghubungi Customer Service di stasiun atau Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.
“Kami menghimbau kepada masyarakat yang akan menggunakan moda transportasi KA untuk masa libur Nataru 2024/2025, segera melakukan pemesanan tiket pada aplikasi Access by KAI ataupun melalui kanal resmi pemesanan tiket KA lainnya,” katanya.
Kuswardojo menguraikan salah satu keunggulan menggunakan Aplikasi Access by KAI adalah pada saat melakukan pemesanan tiket, pelanggan dapat memilih tempat duduk, bisa membayar secara online, dan tidak dikenakan biaya pemesanan.
Selain memesan tiket pada aplikasi Access by KAI, pelanggan juga bisa memesan makanan yang nantinya akan dihantarkan saat melakukan perjalanan. Bahkan pelanggan juga tidak perlu melakukan cetak tiket, karena terdapat e-tiket sebagai bentuk kemudahan dan kepedulian terhadap lingkungan dengan mengurangi sampah kertas.
“Jadi selain e-tiket. Saat ini, pelanggan KAI bisa menikmati kemudahan, efisiensi, dan kecanggihan teknologi face recognition yaitu di mana para pelanggan cukup scan wajah untuk proses boarding, tanpa perlu menunjukkan tiket,” terangnya.sumber humas daop7 madiun.*(editor:al/pressphoto.id)