logo

Aplikasi Terpercaya sebagai Referensi Berwisata

Minggu, 29 Oktober 2023

INDONESIA – Seiring berkembangnya zaman, saat ini semakin banyak muncul aplikasi yang memudahkan penggunanya dalam beraktivitas sehari-hari. Termasuk salah satunya adalah hadirnya aplikasi sebagai “teman” berwisata ke berbagai daerah di Indonesia.

Aplikasi referensi berwisata bisa dibilang adalah “pemandu wisata” saat liburan ke berbagai daerah di Indonesia yang baru pertama kali kita datangi. Dengan begitu, kita tidak perlu bingung menentukan destinasi wisata apa yang menarik untuk dikunjungi, informasi objek wisata, jasa tour guide, hingga mengecek sarana transportasi ke destinasi tujuan.

Sebagai referensi, berikut 5 rekomendasi aplikasi pemandu wisata terpercaya yang wajib diunduh di smartphone saat liburan:

Wisata Alam Indonesia : Rekomendasi aplikasi terpercaya sebagai referensi berwisata yang pertama adalah Wisata Alam Indonesia. Dirilis oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), aplikasi panduan berwisata ini ditujukan untuk mengembangkan dan mengutamakan konsep ekowisata.

Banyak fitur yang disediakan dalam aplikasi gratis di Google Play Store ini. Mulai dari peta wisata alam, informasi objek wisata, hingga panduan dan etika berkegiatan di alam. Menariknya lagi, aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai informasi terkait Taman Nasional dan Taman Wisata Alam yang tersebar di seluruh Indonesia.

Atourin : Rilis pada 2019, Atourin menawarkan kemudahan bagi wisatawan yang ingin liburan dengan nyaman dan praktis. Diperkirakan, saat ini aplikasi Atourin sudah mencakup 200 wilayah (kota/kabupaten) seluruh Indonesia, dengan total lebih dari 3.000 objek wisata, 600 rencana perjalanan, 200 pemandu wisata, 40 desa wisata, serta 250 produk lokal yang tersedia.

Untuk fitur yang ditawarkan aplikasi Atourin juga sangat komplet. Mulai dari memberikan itinerary dengan beberapa pilihan destinasi wisata yang direkomendasikan, hingga perhitungan jarak dan waktu tempuh berdasarkan Google Maps.

Tak hanya bagi wisatawan, aplikasi Atourin memiliki fasilitas pelatihan dan pendampingan pengembangan skill bagi seluruh pelaku pariwisata. Sehingga, dapat menjadi “bekal” pembelajaran yang sangat baik, dalam mendorong kualitas pariwisata di Indonesia.

Tlusure : Selanjutnya adalah Tlusure, aplikasi panduan berwisata yang akan membantu seluruh penggunaannya melakukan berbagai aktivitas seru selama liburan. Pasalnya, aplikasi Tlusure bekerja sama dengan host terpercaya untuk memenuhi seluruh aktivitas saat liburan.

Kelebihan aplikasi yang bisa diunduh gratis di Google Play Store dan App Store ini adalah fitur “Personalisasi Aktivitas Sesuai Mood”. Artinya, aplikasi ini akan memberikan rekomendasi aktivitas sesuai dengan mood Sobat Parekraf kapan saja dan di mana saja.

Selain itu, aplikasi panduan berwisata yang telah diunduh lebih dari 10 ribu kali ini memiliki berbagai fitur unggulan lainnya. Mulai dari fitur pencarian berdasarkan “Ramai”, “Lenggang”, dan “Tersertifikasi CHSE”, serta fitur rekomendasi berdasarkan “Lokasi (Nearby)” dan “Popularitas”.

East Java Trip : Kalau Sobat Parekraf berencana liburan ke Jawa Timur, pastikan tidak lupa mengunduh aplikasi: East Java Trip di smartphone. Alasannya karena aplikasi buatan anak bangsa ini menyajikan berbagai informasi terkait budaya, kuliner, dan atraksi di Jawa Timur.

Resmi rilis di 2013, aplikasi East Java Trip dilengkapi dengan berbagai foto dan deskripsi dari setiap destinasi, kuliner, maupun atraksi wisata yang diminati. Dengan begitu, Sobat Parekraf tidak perlu bingung lagi saat berlibur ke Jawa Timur. Sayangnya, aplikasi ini baru bisa diunduh di Google Play Store saja. Jadi, jangan lupa unduh aplikasi tersebut di smartphone saat liburan, ya! Cover: Ilustrasi tampilan dari aplikasi Wisata Alam Indonesia (shutterstock/steklo-edited). *(data/photo:kemenparekraf.go.id)

error: