MADIUN – PT Kereta Api Indonesia/KAI (Persero) Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun menggelar jumpa pers terkait evaluasi angkutan libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) di kantor Humas Daop setempat.
Hadir dalam kegiatan itu yakni Wakil Kepala (Waka) Daerah Operasi PT KAI Daop 7 Madiun, Irene Margareth Konstantine didampingi Manager Humas PT KAI Daop 7 Madiun, Kuswardojo serta belasan jurnalis dari berbagai media massa di Madiun sekitarnya.
Dalam kesempatan itu, Waka Daerah Operasi PT KAI Daop 7 Madiun Irene Margareth Konstantine menyampaikan pihaknya secara resmi menutup pelaksanaan posko Nataru 2023/2024. Kegiatan posko Nataru tersebut, sebelumnya telah berlangsung selama 18 hari yakni sejak tanggal 21 Desember 2023 sampai tanggal 7 Januari 2024 lalu.
Bahkan selama masa posko Nataru 2023/2024, PT KAI (Persero) telah melayani total 146.607 warga yang menggunakan moda trasportasi kereta api/KA. Dimana jumlah tersebut, merupakan penumpang yang berangkat dari wilayah Daop 7 Madiun atau rata-rata sebanyak 8.144 pelanggan KA per harinya.
“Tentunya jumlah tersebut, ada peningkatan 16% dibanding pada periode Nataru 2022/23 lalu yaitu dimana PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun melayani total 126.416 pelanggan KA,” ujarnya, Selasa 9 Januari 2024.
Sebagai perbandingan, lanjut dia, realisasi penumpang di Daop 7 Madiun tahun 2019/2020 masa Nataru total 143.331. Sementara realisasi Nataru tahun 2023/2024 total 146.607 atau mengalami peningkatan jumlah penumpang sebesar 2%, jika dibandingkan tahun 2019/2020 lalu.
Namun meski demikian pada angkutan Nataru 2023/2024, PT KAI (Persero) telah mencatat stasiun yang ada di wilayah Daop 7 Madiun dengan penumpang naik tertinggi? Dapat diketahui pada periode Nataru 2023/2024 yakni Stasiun Madiun 50.304 penumpang, Stasiun Kediri 19.956 penumpang, Stasiun Jombang 15.726 penumpang, Stasiun Blitar 12.723 penumpang, dan Stasiun Tulungagung 11.808 penumpang.
“Pencapaian positif di masa angkutan Nataru 2023/2024 ini, juga terdapat sisi ketepatan waktu atau On Time Performance yaitu keberangkatan KA mencapai 99,3%. Sedangkan kedatangan KA mencapai 98,2%,” katanya.
Hal itu, menurut Irene, juga yang menjadikan pertimbangan utama masyarakat memilih moda transportasi KA. Karena itulah puncak volume penumpang khususnya di Daop 7 Madiun pada periode Nataru 2023/24 terjadi Selasa 26 Desember 2023 yaitu total 10.688 pelanggan KA.
“Adapun puncak masa tahun baru yaitu terjadi pada hari Senin 01 Januari 2024 sebanyak 10.101 pelanggan KA,” urainya, lagi.
Ia menegaskan bahwa di sisi kanal penjualan tiket, PT KAI (Persero) juga telah mencatat adanya transaksi penjualan tiket KA Jarak Jauh atau KJJ, dan KA Lokal/KAL yang berangkat pada masa angkutan Nataru 2023/24 didominasi melalui Access by KAI sebesar 65% dan melalui channel eksternal sebesar 27%.
Jadi Solusi Ekosistem Transportasi Terbaik untuk Indonesia
Berbagai upaya telah dilakukan PT. KAI (Persero) Daop) 7 Madiun bersama stakeholder khususnya dalam memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat yang menggunakan moda trasportasi kereta api (KA) pada masa Angkutan Nataru 23/24.
Upaya itu yakni salah satunya dengan menyiapkan bantuan petugas pengamanan dari TNI, Polri, Relawan Petugas Pokso dari Satgas Pramuka dan Komunitas Pecinta KA yang turut terjun langsung membantu pelayanan di stasiun, atas kereta dan seluruh jalur KA.
Sehingga seluruh kelancaran operasional perjalanan KA di wilayah Daop 7 Madiun, tentunya juga tidak lepas dari peran berbagai pihak yang telah mendukung pelaksanaan posko Nataru 2023/2024. Untuk itulah, PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun mengapresiasi kepada seluruh insan KAI dan stakeholder yang terlibat aktif dalam posko tersebut.
“Sehingga Angkutan Nataru 2023/2024 ini, secara umum dapat berjalan dengan lancar dan terkendali. KAI mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggan KA yang telah mempercayakan kepada kami untuk bertransportasi di masa Nataru,” ungkap Irene.
Menurutnya untuk memberikan pelayanan yang lebih baik bagi pelanggan KA selama masa Nataru 2023/24, PT KAI (Persero) telah menghadirkan berbagai inovasi seperti ruang tunggu Luxury Lounge di Stasiun Kertosono, Stasiun Madiun, Stasiun Nganjuk, Stasiun Kediri, Stasiun Jombang, Stasiun Tulungagung, dan Stasiun Blitar.
Disamping itu, PT KAI (Persero) juga memberikan apresiasi kepada pelanggan KA dengan menyelenggarakan program Snack for Kids, Free Merchandise, Kado Hari Ibu, dan Free Tumbler.
Tentunya keberhasilan dalam melayani pelanggan KA di masa Nataru 2023/24, kedepan PT KAI (Persero) akan menjadikan momentum ini untuk melakukan evaluasi secara detail, dan komprehensif. Bahkan, termasuk kepatuhan terhadap pelaksanaan budaya keselamatan serta aspek pelayanan.
“Insan KAI berkomitmen untuk terus menciptakan inovasi dan membangun KA yang berkelanjutan, sehingga tercapai visi KAI yaitu ‘menjadi solusi ekosistem transportasi terbaik untuk Indonesia,” tutur Irene.
Ia menambahkan hasil evaluasi tersebut, tentunya PT KAI (Persero) berharap dapat menjadi strategi pembelajaran yang sangat penting bagi KAI untuk mempersiapkan operasional KA sepanjang tahun 2024. “Apalagi menjelang Angkutan Lebaran tahun 2024 yang tidak lama lagi akan kita laksanakan,” terangnya.Foto/data:humas daop7 madiun.*(editor:al/pressphoto.id)