MADIUN – PT Kereta Api Indonesia/KAI (Persero) Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun mencatat pada H-3 Lebaran, menjadi puncak arus mudik yang menggunakan moda transportasi kereta api (KA) di wilayah Daop setempat, Jum’at 28 Maret 2025.
Manager Humas KAI Daop 7 Madiun, Rokhmad Makin Zainul menyebutkan puncak kedatangan penumpang KA mencapai 12.400 pelanggan, sedangkan yang berangkat 6.050 pelanggan.
Akumulasi selama delapan hari masa angkutan Lebaran yakni dimulai dari Jumat 21 hingga 28 Maret 2025, KAI Daop 7 Madiun memberangkatkan 48.000 pelanggan. Sementara jumlah pelanggan yang tiba di 13 stasiun wilayah Daop 7 Madiun yang melayani naik turun penumpang, mencapai 87.650 pelanggan.
“Disampaikan kepada masyarakat yang membutuhkan informasi terkait perjalanan dan pelayanan KA, dapat menghubungi Contact Center KAI melalui Telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, Email cs@kai.id dan Media sosial @KAI121,” ujarnya.
Menurutnya demi keamanan dan kenyamanan penumpang, khususnya pelanggan setia KAI Daop 7 Madiun pada masa angkutan Lebaran 2025 ini. Kini, KAI menghadirkan fitur terbaru pada proses pemilihan seat (kursi) di aplikasi Access by KAI yang memberikan kenyamanan lebih bagi penumpang perempuan.
“Sebab, fitur ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk meningkatkan rasa aman, dan nyaman bagi penumpang perempuan. KAI berharap inovasi ini, dapat meningkatkan rasa aman dan memberikan pengalaman perjalanan yang lebih menyenangkan,” katanya.
Ia juga mengungkapkan penambahan fitur ini, tentunya juga sebagai bentuk komitmen terhadap kenyamanan pelanggan dengan terus menghadirkan inovasi berbasis teknologi. Hal ini, bertujuan untuk meningkatkan pengalaman perjalanan yang lebih aman dan nyaman.
“Tentunya, kami juga akan terus memantau pelaksanaan fitur ini serta mengumpulkan berbagai masukan dari pelanggan guna penyempurnaan layanan di masa mendatang,” jelasnya.*(al/pressphoto.id)