logo

6 Pantai Tersembunyi di Indonesia yang Jarang Diketahui

Kamis, 1 Februari 2024

INDONESIA – Terkenal dengan keindahan alam dan potensi wisata yang sangat melimpah, tidak heran banyak wisatawan mancanegara yang selalu memasukkan Indonesia sebagai destinasi liburan impian. Tapi, tahukah Sobat Parekraf, keindahan alam Indonesia tidak sekadar destinasi-destinasi yang sudah dikenal global saja. Masih banyak spot wisata yang tidak kalah memukau, termasuk salah satunya adalah pantai tersembunyi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Banyak pantai tersembunyi di Indonesia yang masih belum diketahui banyak orang. Baik itu wisatawan lokal, maupun wisatawan mancanegara. Padahal, pantai-pantai tersembunyi di Indonesia juga menawarkan suasana asri dan alami, serta pemandangan bawah laut yang sangat eksotis.

Berbeda dengan pantai-pantai mainstream lainnya, berikut 6 pantai tersembunyi di Indonesia yang jarang diketahui dan menarik dijelajahi:

Pantai Nihiwatu

Walaupun lokasinya tersembunyi dan jarang diketahui, siapa sangka ternyata Pantai Nihiwatu pernah masuk dalam daftar “100 Pantai Terbaik di Dunia”. Hal ini tentu saja berkat keindahan panorama Pantai Nihiwatu yang tak berujung.

Berada di Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur, daya tarik Pantai Nihiwatu ada pada perpaduan pasir putih, batu karang, dan air laut berwarna biru jernih. Biasanya, pantai tersembunyi yang masih jarang diketahui wisatawan ini hanya digunakan untuk bersantai sambil melihat sunset. Tapi, terkadang ada peselancar yang rela menempuh perjalanan jauh hanya untuk menjajal ombak di pantai ini. Sebab, Pantai Nihiwatu terkenal sebagai spot berselancar yang menantang.

Virgin Beach, Bali

Kalau membahas pantai di Indonesia, kurang lengkap kalau tidak memasukkan Bali ke dalam daftarnya. Jelas bukan Pantai Kuta, destinasi pantai tersembunyi di Bali yang masih jarang dikunjungi adalah Virgin Beach. Pantai Perawan ini terletak di Desa Bugbug, Karangasem, Bali.

Meski harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari Denpasar, keindahan Virgin Beach tidak akan mengecewakan. Sobat Parekraf akan disambut pasir pantai yang lembut dengan air laut sebening kristal. Karena masih jarang didatangi wisatawan, suasana pantai juga akan terasa tenang dan nyaman. Menariknya, Virgin Beach Bali ini merupakan habitat terumbu karang. Hal inilah yang akhirnya menjadikannya sebagai salah satu spot snorkeling terindah yang wajib diselami.

Pantai Poganda

Pantai tersembunyi di Indonesia yang jarang diketahui dan menarik dikunjungi adalah Pantai Poganda. Surga tersembunyi yang terletak di Dusun Poganda, Luk Panenteng, Bulagi Utara, Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah ini menawarkan pesona alam pesisir yang memanjakan mata.

Tak hanya pasir putih dan air laut yang sangat jernih, surga tersembunyi ini memiliki ombak yang relatif tenang. Jadi, sangat cocok untuk melakukan aktivitas snorkeling dan diving untuk menikmati keindahan bawah laut di Pantai Poganda. Bahkan, karena masih belum terjamah banyak wisatawan, Pantai Poganda masih sangat terjaga kebersihannya. Dijamin bikin betah!

Pantai Tanah Merah Tanjung Harapan

Kalimantan Timur terkenal dengan banyaknya destinasi wisata yang jarang diketahui dan belum terjamah. Satu di antaranya adalah Pantai Tanah Merah Tanjung Harapan. Cukup menempuh perjalanan sekitar 1 jam dari Ibu Kota Negara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Sobat Parekraf akan disambut pemandangan pantai yang eksotis.

Pantai tersembunyi di Kalimantan Timur ini terkenal dengan pasir putih bersih yang dikelilingi deretan pohon cemara dan pohon pinus. Saat sore tiba, suasana terasa semakin syahdu. Dimulai dari langit pantai berubah menjadi jingga, dibarengi dengan suara gemuruh ombak laut yang menenangkan. Healing pun makin tenang.

Pulau Maratua

Selain Pantai Tanah Merah, Kalimantan Timur juga punya pantai tersembunyi lainnya, yakni Pantai Maratua yang menawarkan keindahan bawah laut luar biasa. Saking indahnya, pantai ini kerap disebut sebagai serpihan surga yang dianugerahkan oleh Tuhan.

Sejauh mata memandang, Sobat Parekraf akan dibuat kagum dengan hamparan pasir pantai putih luas dan air laut yang sangat bening. Kita juga bisa menjelajah dan menikmati keindahan bawah laut yang memanjakan mata dan bertemu gerombolan ikan-ikan eksotis, penyu, serta terumbu karang yang terjaga dengan sangat baik.

Pantai Ngurtafur

Satu lagi pantai tersembunyi di Indonesia yang tidak kalah menarik dijelajahi, Pantai Ngurtafur di  Maluku Tenggara. Bisa dibilang, pantai yang sangat bersih ini jauh berbeda dengan pantai-pantai tersembunyi lainnya. Alih-alih menikmati keindahan pantai dari tepian, justru Sobat Parekraf berkesempatan untuk berjalan ke tengah laut dengan kaki telanjang. Keunikan ini berkat adanya dataran pasir pantai yang membelah laut sepanjang 2 km.

Meski harus menempuh perjalanan udara, darat, dan laut untuk sampai ke Pantai Ngurtafur, keindahan alam yang ditawarkan tidak akan mengecewakan. Sobat Parekraf akan merasakan suasana alami, air laut berwarna biru jernih, dan kalau beruntung bertemu gerombolan burung pelikan secara langsung. Jadi, berencana jalan-jalan ke pantai tersembunyi di Indonesia yang mana dulu, Sob? Cover: Menikmati senja di Pantai Nihiwatu di Sumba Barat sambil berkuda (Shutterstock/leo2504).*(data/photo:kemenparekraf.go.id)

error: